Rabu, 06 Agustus 2008

"EXCITING INDONESIA"


"EXCITING INDONESIA" WARNAI LIBURAN DI TEPI LAUT HITAM


London, 7/8 (ANTARA) - KBRI Sofia bekerjasama dengan manajemen Hotel Emerald di Ravda, Bulgaria, salah satu kota pariwisata di tepi Laut Hitam yang ramai dikunjungi turis dari Rusia, Inggris, Jerman serta negara di sekitar Bulgaria di musim panas, mengelar acara "Exciting Indonesia".


Acara Exciting Indonesia yang dibagi dua kegiatan utama yaitu penyajian masakan khas Indonesia serta pertunjukan kesenian berupa tari tarian Indonesia dihadiri Walikota Ravda, Andon Bakalov dan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang dan Ny Fely Rose Inkiriwang.


Sekretaris III, Pensosbud KBRI Sofia, Aditya Timoranto, kepada koresponden ANTARA London, Rabu mengatakan tamu datang silih berganti menyaksikan kesenian dan mencicipi hidangan Indonesia.


Selama acara berlangsung nuansa Indonesia terasa kental dengan dekorasi benda-benda seni budaya seperti patung, kain tradisional, barong, umbul-umbul, payung Bali, wayang serta poster-poster yang disediakan KBRI.


Dikatakannya sembilan penari binaan KBRI termasuk putri Dubes RI Sofia tampil memukau pengunjung hotel dengan membawakan enam tarian Indonesia yang dibagi dalam dua kali pertunjukan.


Pertunjukan pertama di Restoran Hotel Emerald bersamaan dengan disajikannya masakan khas Indonesia ditampilkan Tari Panyembrama, Tari Roro Ngigel dan Tari Tempurung dan sedangkan pertunjukan kedua di sekitar kolam renang hotel digelar Tari Merak, Tari Puspita, dan Tari Saman, ujarnya.


Penampilan penari mendapat sambutan meriah dari penonton yang memberikan tepuk tangan setiap akhir pertunjukan tari.


Darma Wanita Persatuan (DWP) KBRI menyediakan juru masak yang menyajikan 16 jenis masakan dan minuman khas Indonesia kepada pengunjung Restoran Hotel Emerald.


Spa Indonesia

Pertunjukan tarian Indonesia juga diselingi demonstrasi pijat tradisional Indonesia yang dilakukan terapis Taman Sari Spa dari Indonesia bekerjasama dengan Hotel Emerald, membuka cabangnya di hotel tersebut sejak tahun lalu.


Selain itu, alunan musik angklung, gamelan Jawa dan gamelan Sunda terdengar di lorong-lorong kamar dan lobby hotel serta sekitar kolam renang.


Staf Hotel Emerald mengenakan koleksi busana tradisional Indonesia milik KBRI dari tiga propinsi Aceh, Jawa, dan Betawi yang bertugas sebagai penyambut tamu.


Banyak pengunjung menyatakan kekaguman dan sangat terhibur dengan acara Exciting Indonesia dan meminta berfoto bersama penari dan peserta peragaan busana tradisional Indonesia, kata Aditya Timoranto.


Seorang turis dari Inggris yang mengenal dan menyukai masakan Indonesia menyatakan senang karena dapat menikmati masakan khas Indonesia di Bulgaria.


Aditya Timoranto mengatakan benda-benda seni budaya Indonesia yang dipasang KBRI juga menjadi obyek foto yang menarik bagi pengunjung, beberapa diantaranya menyatakan tertarik untuk mengunjungi Indonesia pada liburan mereka mendatang.

***2***(U-ZG/B/Z003)(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 07-08-2008 11:17:12


Tidak ada komentar: