Senin, 04 Agustus 2008

KOMPETISI MATEMATIK


MAHASISWA INDONESIA RAIH PERINGKAT KETIGA DI KOMPETISI MATEMATIK BULGARIA


London, 2/8 (ANTARA) - Albert Gunawan, mahasiwa Universitas Indonesia, meraih kategori Third Prize dalam International Mathematics Competition (IMC) for University Students yang diselenggarakan di American University in Bulgaria di Kota Blagoevgrad, Bulgaria.

Kompetisi matematika terbesar ini diikuti 292 mahasiswa dari 36 negara dan 90 universitas, demikian Aditya Timoranto, sekretaris III, Pensosbud KBRI, Sofia, kepada koresponden Antara London, Sabtu.


Dikatakannya, Indonesia mengirimkan empat mahasiswa yaitu Albert Gunawan, Novi Irawati Bong, Ajat Adriansyah dari Universitas Indonesia dan Darmajid dari Universitas Brawijaya yang didampingi Drs. Nurmansyah, Kasubdit Wawasan & Kemampuan Akademik Mahasiswa, Ditjen Dikti Depdiknas serta Dr. Siti Fatimah dari Universitas Pendidikan Indonesia.


Sementara itu, Dr. Siti Fatimah, yang juga menjadi pembimbing Tim IMC Indonesia tahun 2006 mengatakan, soal-soal ujian yang digunakan tahun ini lebih sulit dan lebih bervariasi.


Tim IMC Indonesia berjuang setelah melalui dua ujian yang diselenggarakan pada 28 Juli, selain memperoleh tempat ketiga Albert Gunawan, Novi Irawati Bong dan Ajat Adriansyah juga memperoleh kategori Honorable Mention, sedangkan Darmajid untuk kategori Certificate.


Dalam kompetisi IMC, penghargaan lazimnya diberikan tertinggi mulai dari peringkat Grand First Prize hingga Certificate.


Ajat Adriansyah nyaris pula meraih peringkat Third Prize, namun sayangnya nilainya dipotong Dewan Juri karena melebihi waktu yang ditentukan dalam menjawab soal.


"Yah, sepertinya saya kurang beruntung karena nilai hanya terpaut dua poin untuk Third Prize," ujar Ajat.

Albert Gunawan dan Ajat Adriansyah mengikuti kompetisi yang sama sebelumnya tahun 2007, selain pernah mengikuti International Mathematics Olympiad, kejuaraan internasional serupa untuk tingkat sekola menegah.


Meskipun belum mencapai target, Tim IMC Indonesia paling tidak kedua mahasiswa berhasil menunjukkan peningkatan, tahun 2007, Albert mendapatkan Honorable Mention sedangkan Ajat memperoleh Certirficate.


Koordinator Sekretariat IMC, Prof. John E. Jayne dari University College London menyampaikan penghargaan kepada negara-negara yang berpartisipasi dalam IMC selama ini, terutama yang disebutkan secara khusus adalah Indonesia, Iran tim dengan peserta terbanyak, Vietnam, dan Uzbekistan yang ikut untuk pertama kali.


Dalam kompetisi ini, Grand First Prize diterima oleh tiga mahasiswa yang berasal dari Polandia, Ceko dan Kroasia.


KBRI Sofia menyelenggarakan ramah tamah bagi Tim IMC Indonesia yang dihadiri seluruh home staff KBRI Sofia serta mahasiswa fakultas kehutanan Universitas Gadjah Mada mewakili universitasnya untuk menghadiri International Forestry Students' Symposium (IFFS) yang berlangsung di Universitas Sofia dari tanggal 3--17 Agustus mendatang.


Pada kesempatan tersebut, Dubes Immanuel Robert Inkiriwang menyampaikan bahwa partisipasi Tim IMC Indonesia merupakan kebanggaan bagi Indonesia dimana mereka turut membantu upaya pemerintah meningkatkan citra Indonesia sebagai duta bangsa dalam kompetisi tersebut.


(U-ZG/B/

Tidak ada komentar: