Sabtu, 23 Agustus 2008

TERUEL CARI KOTA KEMBAR

TERUEL CARI KOTA KEMBAR DENGAN INDONESIA

London, 22/8 (ANTARA) - Walikota Teruel, kota di propinsi Aragon, Spanyol, Jose Luis Lopez menyatakan minatnya untuk menjalin kerja sama dalam kerangka kota kembar (sister cities) dengan kota di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jose Luis Lopez, saat berkunjung ke Anjungan Indonesia, Expo Zaragoza, demikian Liya Djajadisastra, Konsultan Komunikasi untuk Anjungan Indonesia 2008 di Expo Zaragoza kepada koresponden Antara London, Jumat.

Menurut Liya Djajadisastra, minat itu disampaikan Lopez dengan dilancarkannya usaha Panitia Expo Zaragoza yang ingin "menjodohkan" 32 kota-kota di Aragon dengan Negara peserta Expo.

Bersama dengan delegasi dari kota Teruel, Lopez berkunjung ke anjungan Indonesia yang disambut Bambang Guritno, dari Departemen PU yang menjadi Ketua Delegasi Indonesia dan bertukar cindera mata.

Kepada Walikota Jose Luis Lopez, Indonesia menyerahkan ukiran kepala Dewi Sri dalam sebuah bingkai dan Lopez memberikan kenang-kenangan berupa keramik Teruel.

"Kita sambut dengan baik inisiatif ini meskipun masih terlalu dini untuk mengatakan Teruel akan berjodoh dengan siapa," kata Musthofa Abdul Latif dari KBRI di Madrid.

"Idealnya Teruel dijodohkan dengan sebuah kota Indonesia yang berkarakteristik sama", tambahnya.

Teruel adalah kota di selatan propinsi Aragon, berpenduduk 34.240 orang pada tahun 2006 yang penghasilan utamanya adalah dari industri terutama industri makanan olahan yang terkenal dengan nama Jamon Serrano atau kornet.

Barang lainnya yang terkenal dari Teruel diantaranya keramik dan pecah belah. Iklimnya kering dan tanahnya bergunung-gunung membuat walikota Teruel sejak tahun 1999 melakukan gerakan "Teruel Existe" yang bertujuan lebih menggencarkan pengenalan akan dan investasi di Teruel.

Menurut Liya Djajadisastra, minat ingin berjodoh dengan kota di Indonesia begitu gencarnya sehingga beberapa media terkemuka di Aragon yang memberitakannya.

Pada kesempatan itu juga diperingati Hari Nasional Indonesia di pelataran Palatio de Congress di Expo Zaragoza dengan barisan korps musik kepolisian Zaragoza yang memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadir Bambang Goeritno, staf ahli Menteri Pekerjaan Umum mewakili Pemerintah Indonesia didampingi Slamet Santosa Mustafa, Duta Besar RI untuk kerajaan Spanyol yang dimeriahkan dengan pergelaran kesenian Jawa Barat yang diadakan di Balcony of Cultures di Expo Zaragoza .

Bambang Guritno menanda tangani Book of Honor di Congress Hall. ***2***(U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 22-08-2008 18:49:02

Tidak ada komentar: