Selasa, 12 Agustus 2008

KAMPUNG MERDEKA DI PRAHA

KBRI PRAHA DISULAP MENJADI KAMPUNG MERDEKA


London, 11/8 (ANTARA) - Keramaian suasana kampung menjelang peringatan HUT RI sampai juga ke Eropa Tengah dengan dibangunnya Kampung Merdeka di KBRI Praha yang mengelar berbagai kegiatan.


Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Salim Said meresmikan Kampung Merdeka dengan memberikan sambutan singkat kepada seluruh masyarakat, terutama anak-anak yang tinggal di Ceko, agar terus mengingat sejarah bangsa Indonesia.


Sekretaris I Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Senin mengatakan KBRI Praha disulap menjadi Kampung Merdeka dengan digelarnya berbagai lomba yang diikuti masyarakat Indonesia yang tinggal di Praha dalam rangka memperingati HUT RI ke-63.


Aziz Nurwahyudi mengatakan , suasana semakin meriah dengan permainan balap karung, balap kelereng, makan kerupuk, musik dan kursi serta menggiring bola yang diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia di Praha termasuk Ny Salim Said.


Dubes Salim Said membuka acara Kampung Merdeka ditandai dengan lomba mewarnai untuk anak-anak dan juga ikut serta mewarnai gambar anak bermain bola, yang dikuti anak-anak yang mewarnai berbagai gambar yang disiapkan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Ceko.


Anak-anak menikmati kemeriahan kegiatan yang mereka rasakan setahun sekali ini. Bahkan beberapa anak Ceko turut memeriahkan kegiatan tersebut karena diajak oleh keluarga-keluarga Indonesia, ujarnya.


Acara yang digelar tidak saja ditujukan untuk anak-anak, tetapi masyarakat yang sudah dewasa pun berpartisipasi mengikuti berbagai pertandingan olahraga dan lomba seperti makan kerupuk, , tennis meja, dan tarik tambang.


Menurut Azis Nurwahyudi, perlombaan makin seru ikutnya Ny Herwawati Salim Said dalam lomba makan kerupuk, serta tarik tambang bergabung bersama masyarakat dan sahabat Indonesia.


Kemeriahan kegiatan itu dilengkapi dengan pertandingan futsal yang diikuti oleh berbagai tim gabungan antara warga Indonesia dengan sahabat Indonesia di Praha.


Dalam kesempatan itu anggota Dharma Wanita KBRI Praha menyediakan makanan khas Indonesia seperti bubur kacang hijau, mie goreng, sampai nasi dan sayur lodeh dengan lauk-pauknya.


Bismo Gondokusumo yang telah puluhan tahun menetap di Praha mengakui suasana keakraban dan kemeriahan seperti ini mengingatkan dirinya pada masa kecil di kampungnya di Yogyakarta.


Sebagai sesepuh warga Indonesia di Ceko, Bismo berharap melalui kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI seperti ini anak-anak yang tinggal di luar negeri akan mengenang Indonesia sebagai tanah airnya. ***1***

(U-ZG) /B/A011)

(T.H-ZG/B/A011/A011) 11-08-2008 07:28:53


Tidak ada komentar: