Kamis, 18 September 2008

6000 HAK PILIH DI INGGERIS

6000 WNI PUNYA HAK PILIH DI INGGERIS

London, 19/9 (ANTARA) - Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) KBRI London Saharman Gea mengatakan sekitar 6000 orang Indonesia yang berada di Kerajaan Inggeris Raya dan Republik Irlandia mempunyai hak pilih pada Pemilu 2009 mendatang.

Berdasarkan data yang diterima panitia dari bagian Konsuler KBRI London yang dikenal dengan Daftar Potensial Peserta Pemilu , maka jumlah masyarakat Indonesia di UK dan Republik Irlandia pada Agustus sebanyak 6558 orang, ujar Saharman Gea kepada koresponden Antara London, Jumat.

Dikatakannya setelah disesuaikan dengan persyaratan WNI yang mempunyai hak pilih yang berusia 17 tahun pada 9 April 2009 dan nama masyarakat Indonesia yang kembali ke Tanah Air, maka yang mempunyai hak pilih menjadi 6182 jiwa .

Namun, angka ini akan berubah dan bergerak terus sesuai dengan mobilitas mayarakat Indonesia di Kerajaan Inggeris, ujarnya.

Saharman Gea menjelaskan salah satu tahap pemilu yang ditetapkan oleh KPU yaitu sosialiasi DPSLN. Tahap itu telah dilakukan sejak Agustus lalu.

Selama periode sosialisasi DPSLN melalui website www.ppl.org atau www.uk-ir.ppln.org , panitia mendapat respon dari masyarakat terutama mengenai perubahan alamat, tahap pemilu, jumlah TPS, pengawasan pemilu di luar negeri, dan pertanyaan teknis lainnya.

Saat ini, panitia telah melangkah pada tahap meyiapkan Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Tambahan. Tahap ini dilakukan sampai dengan akhir Oktober.

Saharman juga menyampaikan kendala yang dihadapi panitia diantaranya bahwa sejauh ini belum ada pembekalan secara resmi oleh KPU kepada PPLN London. Akibatnya , PPLN London tidak dapat merespon beberapa pertanyaan dari masyarakat menyangkut mekanisme pemilu 2009, tahap-tahap pemilu serta teknis lainnya.

Demkian juga dengan anggaran yang belum turun hingga saat ini membatasi panitia dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pengadaan barang dan pembayaran honor yang diperlukan dalam proses kegiatan pemilu 2009.


Dubes lantik panitia
Sebelumnya Dubes RI untuk Inggris Raya dan Irlandia Yuri Thamrin atas nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik dan mengambil sumpah Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Inggeris Raya termasuk Skotlandia, Wales dan Republik Irlandia di ruang Crutacala KBRI London.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 222 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Ketua, Anggota-anggota, serta Sekretariat, dan Pelaksana Panitia Pemiliha Luar Negeri Pada KBRI di London.
Panitia yang dilantik adalah Saharman Gea sebagai ketua merangkap anggota, Dono Widiatmoko, Syaifuddin Ismail, Dwi Kurnia Indrana Miftach dan Tumpal MH Hutagalung masing-masing sebagai anggota.

Dalam sambutannya , Dubes menyampaikan terima kasih kepada panitia atas kesediaannya mengurus pesta rakyat Pemilu 2009 dan berharap panitia bekerja dengan sebaik dan seadil-adilnya.

Dubes Yuri Thamrin mengingatkan pekerjaan ini tidaklah mudah. Untuk itu diharapkan kerja sama yang baik antara semua komponen masyarakat yang terlibat dan juga pihak KBRI London.

Acara ini berlangsung khidmat yang dihadiri tokoh masyarakati Indonesia di UK, pejabat di lingkungan KBRI dan anggota masyarakat.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustadz Aminullah, MA , dai dari Jakarta yang mengisi pengajian Masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya selama bulan Ramadhan. ***3***
(U-ZG)/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 19-09-2008 07:45:45

Tidak ada komentar: