Sabtu, 20 September 2008

TARIAN INDONESIA DI KROASIA

TARIAN INDONESIA SEMARAKKAN HUT RI DI KROASIA

London, 20/9 (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Hungaria menggelar resepsi peringatan HUT RI di Kroasia yang dimeriahkan dengan tarian Indonesia dan dihadiri sekitar 150 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah, duta besar negara sahabat, politisi, pengusaha serta wartawan.
Acara yang digelar di gedung Arsip Nasional Kroasia di Zagreb yang merupakan bangunan tua dan bersejarah, kata Sekretaris I Pensosbud KBRI Budapest, Arena Sri Victoria di London, Sabtu.

Dikatakannya resepsi diplomatik HUT RI dimeriahkan dengan tarian Indonesia yang dibawakan istri diplomat dan pegawai Kantor Promosi Dagang Indonesia di Budapest.

Gedung anggun ini memiliki interior yang antik dengan dinding marmer dan hiasan dekoratif bergaya aristokrasi yang beberapa tahun lalu dipugar oleh pemerintah Kroasia dan sering digunakan Kemlu Kroasia untuk menyelenggarakan resepsi.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Hungaria merangkap Kroasia, Bosnia dan Herzegovina serta Makedonia, Mangasi Shombing mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang pertama menyatakan kemerdekaan sebagai hak bangsa.

Hingga akhir Perang Dunia II pemerintah kolonial berpendapat bahwa kemerdekaan adalah pemberian oleh penguasa, jadi bukan hak.

Konsekuensi dari proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah bangsa Indonesia harus berjuang secara fisik dan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan dan untuk memperoleh pengakuan atas kemerdekaan tersebut.

Dikatakannya kemerdekaan Indonesia juga disampaikan kembali pada Konferensi Asia-Afrika 1955 di Bandung.

Demikian juga dinyatakan lagi Majelis Umum PBB dalam resolusi tahun 1960 di mana Indonesia sendiri aktif sebagai co-sponsor resolusi 1514(XV) dan pada 14 Desember 1960 mengenai Deklarasi Penganugerahan Kemerdekaan bagi bangsa-bangsa.

Beberapa undangan yang hadir menyatakan langsung kepada Duta Besar Mangasi Sihombing apresiasi atas seni budaya Indonesia yang ditampilkan.

Bahkan pengusaha dari tempat-tempat jauh hadir seperti dari kota Split di pantai laut Adriatik termasuk pimpinan Sajam International Split Fair.

Resepsi HUT RI dilakukan pada saat berlangsungnya Zagreb International Autumn Fair di mana KBRI dan ITPC Budapest dan pengusaha dari Indonesia ikut ambil bagian.

Sementara itu resepsi HUT RI juga dirayakan 17 September lalu di KBRI Budapest, Hungaria dan peringatan HUT ke-63 RI diadakan upacara bendera di Taman Wisma Duta di Budapest yang dimeriahkan dengan pesta budaya dan penampilkan pelajar SMA Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta.(U-ZG)***1***


(T.H-ZG/B/N002/N002) 20-09-2008 08:45:00

Tidak ada komentar: