Rabu, 22 Oktober 2008

KBRI RUSIA DIPLOTAIMENT

KBRI RUSIA LANCARKAN DIPLOTAIMENT

Jakarta, 20/10 (ANTARA) - KBRI Rusia mengundang sebanyak 40 wartawan dari media massa internasional di Rusia dalam mengembangkan diplomasi yang dikemas dalam bentuk hiburan dan dinamakan sebagai kegiatan diplotainment.

Kapusdiklat Departemen Luar Negeri Darmansyah Djumala menyebutkan KBRI Rusia melancarkan kegiatan yang disebut diplotainment campuran antara diplomasi dan infotainment.

Counsellor Penerangan, M. Aji Surya dalam keterangannya kepada Antara di Jakarta, Senin menyebutkan dalam pertemuan dengan wartawan Rusia itu Dubes memaparkan empat program utamanya.

Pada acara yang diadakan di Wisma Duta Besar, Duta Besar Hamid Awaludin meggarisbawahi bahwa diplomat di KBRI Moskow dan wartawan adalah kawan yang harus saling mengisi dan bekerjasama. Wartawan dan diplomat bukan musuh yang harus saling menghindari. Banyak hal yang dibutuhkan oleh wartawan berasal dari sumber KBRI, ujarnya
"'Press Gathering' akan menjadi salah satu kegiatan rutin KBRI. Saya harap teman-teman wartawan berkenan datang lagi ke KBRI Moskow," ujar Hamid.

Seorang wartawan senior dari lembaga pers terkemuka Ria Novosty menyambut ide yang disampaikan Duta Besar yang menurutnya, tawaran tersebut menunjukkan suatu keterbukaan atas aneka informasi yang dibutuhkan wartawan Rusia.

"Tanpa harus basa basi, atas nama teman-teman kami menerimanya. Spasiba," katanya.

Menurut Counsellor Penerangan, M. Aji Surya, sejak kedatangan Duta Besar Hamid Awaluddin di Moskow, Mei lalu, kerjasama dengan media baik dari Rusia maupun Indonesia terus berjalan.

Dikatakannya sejumlah wawancara dan pengambilan gambar oleh televisi berlangsung dari waktu ke waktu. Dalam kurun waktu dua bulan terakhir wawancara dengan kepala perwakilan tentang aneka kebijakan Pemerintah Indonesia dan kegiatan KBRI sampai delapan kali.

"Ada yang terbit dalam koran, majalah dan teve Rusia. Ada juga di media Indonesia seperti Smart FM, Kompas, Antara, Jakarta Post, Surabaya Post dan lainnya," ujarnya
Dalam waktu dekat, direncanakan insan pers Rusia akan mengikuti Fam-Trip ke 10 kota di Indonesia. Beberapa di antaranya telah menyatakan keikutsertaannya sedang calon lainnya sedang diseleksi.

Bila tidak ada halangan, maka Fam-Trip tersebut akan dilaksanakan sebelum akhir tahun .

"Ini untuk lebih memperkenalkan Indonesia dari banyak sisi, sehingga masyarakat Rusia tidak hanya mengenal Bali," katanya.

Temu pers kali ini diwarnai dengan acara wisata kuliner masakan Indonesia mulai dari minuman, sup hingga makan besar. Selain itu, dihidangkan pula satu tarian nusantara.

Selain memperkenalkan keluarga, Dubes Hamid Awaludin menjanjikan pertemuan berikutnya pada awal Desember mendatang.

"Meskipun begitu, setiap saat insan pers dapat langsung menghubungi staf KBRI untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. ***7***
(ZG/B/M007)
(T.H-ZG/B/M007/M007) 20-10-2008 12:07:18

Tidak ada komentar: