Kamis, 02 Oktober 2008

PPLN PRAHA TUNGGU DANA

PPLN PRAHA TUNGGU BIAYA OPERASIONAL

Jakarta 28/9 (ANTARA) ? Pengurus dan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri PPLN Praha, kini telah melakukan serangkaian persiapan meskipun mengalami kendala dengan belum tibanya biaya operasional dari KPU.

Kegiatan yang dilakukan PPLN Praha, antara lain sosialisasi tentang Pemilu 2009 dengan mengadakan seminar terbuka yang dihadiri warga Indonesia serta kunjungan ke beberapa wilayah, ujar Azis Nurwahyudi, Sekretaris I Pensosbud KBRI Praha dalam keterangannya yang diterima Antara, Minggu.

Dikatakannya tidak seperti pemilihan yang dilakukan di Indonesia, teknis pemilihan di luar negeri mengalami sejumlah penyesuaian.

Diantaranya jarak antara domisili dan lokasi pemilihan membuat PPLN yang cukup jauh membuat pengurus PPLN Praha menerapkan kebijakan yang lebih fleksibel bagi warga yang tak bisa memilih pada hari pelaksanaan pemilu,
Pemilihan dapat dilakukan melalui pos, ujar Azis Nurwahyudi yang menjanjikan kerahasiaannya tetap akan dijamin. .

Dubes RI untuk Rep Ceko, Salim Said, sebelumnya mengambil sumpah ketua dan seluruh anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Ceko dan sekretariat PPLN Ceko bertempat di KBRI Praha.

Kelima anggota PPLN menyatakan akan menjalankan tugas sesuai dengan yang diamanatkan undang-undang dan mematuhi seluruh peraturan yang ditetapkan.

Pada kesempatan itu Dubes Salim Said berpesan seluruh anggota PPLN dapat bekerja dengan baik dalam kontribusi terhadap perkembangan peradaban politik Indonesia.

Menurut Azis Nurwahyudi, seluruh anggota PPLN Praha, Ceko merupakan hasil kesepakatan bersama dari perwakilan masyarakat Indonesia di negara itu.

Para anggota PPLN yang terpilih memiliki latar belakang berbeda. Ketua PPLN Praha Ceko dijabat Ardian Ulvan, kandidat doktor pada Czech Technical University, sementara sekretaris adalah Irmawan Rahyadi, mahasiswa Pasca Sarjana pada Charles University.

Sedangkan anggota lain yaitu Imelda Dharmawan adalah WNI yang tinggal di Praha sedangkan unsur KBRI diwakili Azis Nurwahyudi dan Gustaav Ferdinandus.

PPLN Praha memiliki wilayah kerja di seluruh Ceko meliputi daerah Bohemia, Moravia dan Silesia. Sampai saat ini terdapat setidaknya 250 WNI yang tersebar di seluruh wilayah tersebut, demikian Azis Nurwahyudi.

Sementara itu, di KBRI Budapest, Duta Besar Mangasi Sihombing mengambil sumpah anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Sekretariat PPLN yang meliputi wilayah Negara Hungaria, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, dan Makedonia.

Setelah penandatanganan berita acara pengambilan sumpah, Dubes Mangasi Sihombing meminta anggota PPLN dan Sekretariat PPLN memegang teguh dan melaksanakan sumpah dan janji yang diucapkan.

Disampaikan Pemilu selain merupakan suatu pesta demokrasi juga merupakan pertandingan yang apabila terdapat kesalahan dari Anggota PPLN walaupun kesalahan kecil dapat membuat peserta kecewa.

Untuk itu, Dubes minta anggota PPLN dan Sekretariat PPLN bekerja dengan cermat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dikatakannya partisipasi warga dalam pemilu merupakan hak politik dan sekaligus sebagai sumbangan dalam berbangsa dan bernegara.
Pesta demokrasi Indonesia akan dipantau bangsa-bangsa lain dan keberhasilan pemilu dapat menambah citra positif bangsa di mata komunitas internasional.(U-ZG) ***3***


(T.H-ZG/B/M009/M009) 28-09-2008 04:24:30

Tidak ada komentar: