Jumat, 10 Oktober 2008

TENAGA KERJA HONGARIA

HONGARIA KAJI KEMUNGKINAN DATANGKAN TENAGA KERJA INDONESIA

Jakarta, 10/10 (ANTARA) - Menteri Sosial dan Tenaga Kerja Hongaria Erika Szucs dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI untuk Hongaria di Budapest Mangasi Sihombing membahas kemungkinan kerjasama antara kedua negara di bidang ketenagakerjaan yakni dengan mendatangkan tenaga terampil Indonesia.

Sebagai anggota Uni Eropa, Hongaria membutuhkan tenaga kerja terampil yang tidak selalu dapat dipenuhi dari dalam negeri, demikian Sekretaris I Pensosbud KBRI Budapest Arena Sri Victoria kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Dubes Mangasi Sihombing melihat kemungkinan mengirimkan tenaga perawat Indonesia untuk bekerja di rumah sakit Hongaria.

Menurut Arena, Menteri Erika Szucs memandang keperluan untuk itu ada sambil menambahkan perlunya memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Uni Eropa.

Duta Besar Indonesia menunjuk kepada kehadiran para perawat Indonesia di negara-negara Eropa Barat yang telah dimulai lebih sepuluh tahun silam.
Kedua belah pihak sepakat perlunya membahas kerjasama ini lebih lanjut. Selain itu Kementerian Sosial dan Tenaga Kerja Hongaria membutuhkan koordinasi dengan instansi terkait.

Selain itu pihak Hongaria menyatakan kesedian delegasi Hungaria untuk bertemu dengan otoritas Indonesia dalam pertemuan Menteri-menteri Tenaga Kerja ASEM di Bali dari 13-15 Oktober mendatang.

Menteri Dalam Negeri Gabor Simon, akan memimpin delegasi Hongaria dalam pertemuan tersebut, demikian Arena Sri Victoria.
***5***
(U-ZG)(T.H-ZG/B/Y006/B/Y006) 10-10-2008 13:10:57

Tidak ada komentar: