Senin, 23 Agustus 2010

MTQ DI DUBAI

NAKERWAN IKUTI LOMBA MUSABAGAH TILAWATIR QURAN DI DUBAI

London, 23/8 (ANTARA) - Alunan ayat-ayat suci Al Qur'an mengumandang di ruang serbaguna KJRI Dubai pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang diikuti 14 qariah Nakerwan di penampungan sementara di gedung KJRI Dubai.

MTQ yang diselenggarakan KJRI Dubai merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan, ujar Sekretaris Pertama PF Pensosbud Yana Rudiyana dalam keterangan persnya, Senin.

Dikatakannya KJRI Dubai memberikan kesempatan kepada para Nakerwan bermasalah yang berada di penampungan sementara KJRI untuk berpartisipasi mengikuti MTQ.

Konsul Jenderal RI di Dubai, Mansyur Pangeran dalam sambutannya menyebutkan bahwa MTQ yang diselenggarakan KJRI Dubai untuk pertama kalinya itu merupakan sarana mengasah dan memperlihatkan kemampuan para nakerwan dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an.

"Sebagaimana layaknya MTQ lainnya, penilaian peserta meliputi berbagai kriteria penilaian oleh tiga dewan juri dari pegawai setempat yang memiliki latar belakang pendidikan di Al Azhar Uniniversity dan Madinah University," ia mengatakan.

Konjen Mansyur mengharapkan penyelenggaraan MTQ mendatang dapat diikuti qori dan qoriah yang lebih banyak dengan melibatkan masyarakat Indonesia yang ada di Dubai dan sekitarnya.

MTQ diselenggarakan usai shalat tarawih bersama tersebut disaksikan seluruh staf KJRI Dubai berserta keluarga, masyarakat dan para Nakerwan yang berada di penampungan sementara.

Berdasarkan hasil penilaian, dewan juri pada akhir lomba menetapkan para pemenang, yaitu juara pertama Tisatin bt. Slamet Tohir, daerah asal Madiun, telah berada di penampungan selama tiga bulan.

Pemenang kedua Uun Unayah bt. Fadli, daerah asal Karawang, berada di penampungan selama dua bulan, pemenang ketiga Iyam bt. Maman, daerah asal Tangerang, berada di penampungan selama lima hari, dan juara harapan satu Siti Zumroh bt. Ahmaludin, daerah asal Semarang, telah berada di penampungan selama tiga bulan.

Kepada para pemenang, KJRI Dubai memberikan hadiah dan piagam penghargaan. Juara pertama lomba akan ditampilkan pada acara Nuzul Quran.

Penyelenggaraan lomba Musabaqah Tilawatil Quran merupakan salah satu perwujudan kepedulian dan keberpihakan Perwakilan KJRI Dubai terhadap TKW bermasalah.

Sambil menunggu pemulangan/proses penyelesaian hukum dan administrasi dengan otoritas terkait seperti majikan, imigrasi, kepolisian, agen penyalur lokal, dan agen penyalur di Indonesia, penyelanggaraan lomba MTQ menjadi kegiatan pengisi waktu yang sangat bermanfaat bagi mereka.***4***
(U-ZG)

(T.H-ZG/C/E001/E001) 23-08-2010 08:14:44

Tidak ada komentar: