Jumat, 06 Agustus 2010

SESPATI POLRI

SESPATI POLRI ADAKAN PERTEMUAN DENGAN POLISI INGGRIS

London, 6/8 (ANTARA) - Rombongan dari Sespati Polri yang dipimpin Kepala Sespim Polri, Irjenpol Paulus Purwoko mengadakan "briefing" dan presentasi dengan kepolisian Inggris "Scotland Yard" yang difasilitasi KBRI London .
Sekretaris Satu KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada koresponden ANTARA di London, Jumat mengatakan, hadir pada acara tersebut sebanyak 35 peserta Sespati Polri. Sementara dua rombongan Sespati lainnya melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian Dalam Negeri Inggris dan Asosiasi Kepala Polisi Inggris.

"Briefing" dan presentasi tersebut disampaikan "Detective Chief Inspector", dari Bagian "Anti Corruption Command, Scotland Yard", Del Mehat, mengenai pengawasan internal pada kepolisian Inggris, khususnya yang terkait dengan pencegahan agar anggota kepolisian tidak melakukan tindakan korupsi serta penindakan terhadap anggota polisi yang terlibat dalam tindak pidana korupsi.

Dalam pemaparannya antara lain disampaikan bahwa tingkat tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh pejabat kepolisian di Inggris relatif rendah, yaitu berkisar antara 10 sampai 20 kasus per tahun.

Namun demikian, kepolisian Inggris tetap bertekad untuk terus memerangi korupsi di tubuh kepolisian supaya dapat dikurangi jumlah pejabat polisi yang terlibat kasus korupsi.

Kunjungan rombongan Sespati ke Inggris sejak tanggal 3 Agustus lalu adalah dalam rangka mempelajari sistem, struktur, pelatihan dan pengawasan kepolisian di Inggris yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan Sespati.

Pertemuan tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan hubungan antara lembaga kepolisian RI-UK dan perwujudan dari "MoU" Kepolisian RI-UK tahun 2006. Selain ke Inggris, peserta Sespati Polri melanjutkan kunjungan studinya ke Prancis dan Belanda. (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 06-08-2010 07:16:53

Tidak ada komentar: