Minggu, 08 Agustus 2010

PAIMO DI MAROKO

PENGENDARA SEPEDA PAIMO TIBA DI MAROKO

London, 7/8 (ANTARA) - Pengendara sepeda asal Indonesia, Bambang Hertadi Mas, yang akrab disapa Paimo tiba di Tanger, Maroko dalam rangka mengembangkan persahabatan dan perdamaian di benua Eropa dan Afrika.


Kegemaran Paimo bersepeda di beberapa negara diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik Indonesia dengan negara-negara yang dilaluinya, terutama dengan Kerajaan Maroko yang memiliki hubungan istimewa sejak lama, ujar Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud Rahmat Azhari dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Sabtu.


Dikatakannya selama berada di Maroko rencananya berkunjung ke beberaoa kota besar seperti Ceuta, Erfoud, Kshar Saghir, Rabat, Marrakech dan Casablanca.


Kegiatan keliling dua benua tersebut dengan mengunakan sepeda dilakukan Paimo sejak tanggal Juni lalu , dimulai di kota Brussels-Belgia menuju Prancis, Spanyol dan Portugal dan akan diakhiri di kota Casablanca, Maroko. Paimo akan menempuh jarak sepanjang 3.230 Km selama kurang lebih dua bulan.


Sebelum melanglang ke Eropa dan Afrika, pada 2009 Paimo pernah melakukan perjalanan bersepeda ke Thailand, Kamboja, Vietnam dan Laos.


Mengawali hobinya bersepeda pada era 80-an, Ia membawa sepedanya ke puncak 11 gunung yang berbeda, termasuk di Gunung Kilimanjaro, Tanzania.


Rekor jarak terjauh yang pernah ditempuh adalah 5.400 km dari kota La Paz, Bolivia hingga kota Punta Arenas di Argentina titik paling selatan di benua Amerika, pada 2005.


Paimo rencana tiba di ibukota Rabat pada Sabtu sore, disambut Dubes RI untuk Kerajaan Maroko, Tosari Widjaja beserta staf dan masyarakat Indonesia serta persatuan "cyclist Maroko" di atas jembatan highway Ave. Moh. VI kemudian bersama-sama bersepeda menuju KBRI.


Kedatangan Paimo ke Rabat bertepatan dengan penyelenggaraan serangkaian kegiatan olah raga dalam rangka peringatan perayaan hari kemerdekaan RI ke-65 yang akan diliput sejumlah wartawan TV dan media cetak Maroko yang dilanjutkan dengan acara jumpa pers di KBRI. ***4***(U-ZG)

(T.H-ZG/C/S016/S016) 07-08-2010 06:35:21

Tidak ada komentar: