Minggu, 14 Juli 2013

AUSTRIA



MUSIK KOLINTANG HANGATKAN PECINTA MUSIK JAZZ AUSTRIA

          Jakarta, 9/7 (ANTARA) - Musik Kolintang Kawanua Österreich mendapat apresiasi yang hangat dari para pecinta musik Jazz Austria dalam acara Vienna Jazz Festival 2013 di gedung City Hall (Rathaus) kota Wina, Austria.

   
Penampilan musik Kolintang ini juga didukung kelompok vocal group yang juga binaan KBRI/PTRI Wina, demikian Counsellor Koordinator Pensosbud/Protkons, Dody Kusumonegoro kepada ANTARA, Rabu.

   
Penampilan kelompok Kolintang Kawanua Österreich terdiri dari delaapan pemain ini membawakan 13 lagu daerah Nusantara diantaranya Alusi au, Lembe lembe, Ayo Mama, Tanase, Sepasang Mata Bola, Waktu Hujan Sore-Sore, Rek ayo rek.

   
Selain itu mereka juga melantumkan lagu Kampuang nan jauh di mato, Sansaro dan lainnya yang mendapat apresiasi yang baik dari sekitar 200 orang penonton kalangan pecinta musik jazz Austria dengan memberikan applaus panjang.

   
Tampak para penonton turut bergoyang ketika alunan lagu upbeat seperti Ayo Mama dan neng Geulis mendapat sambutan hangat penonton.

   
Indonesia adalah salah satu dari empat  negara Asia yang mengikuti Festival ini selain Jepang, Korea dan China. Sekitar 347 artis dan pemusik dari 95 kelompok music dari 21 negara menampilkan kebolehannya selama Festival berlangsung dari tanggal 17 Juni hingga 10 Juli mendatang.

   
Negara lain yang berpartisipasi dalam Vienna Jazz Festival atau Jazz Fest Wien ini adalaha cara pagelaran music tahunan di kota Wina, sebagian besar adalah dari Eropa seperti Inggris, Jerman, Perancis serta benua Amerika diwakilkan oleh AS dan Brazil.

   
Penampilan Kolintang Kawanua Österreich merupakan penampilan perdana untuk musik khas tradisional Indonesia di ajang festival musik bergengsi di kota Wina ini. Tahun sebelumnya Indonesia diwakili kolaborasi jazz Dwiki Dharmawan bersama String Quartet Project dengan musisi Austria.

   
Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia dan Perutusan Tetap RI untuk PBB dan Organisasi Internasional lainnya di Wina, Rachmat Budiman mengatakan penampilan perdana grup musik Kolintang binaan KBRI/PTRI Wina merupakan bentuk upaya KBRI memperkenalkan budaya Indonesia melalui musik tradisinoal kepada publik Austria .

   
Musik Kolintang menarik perhatian warga Austria lewat penampilan budaya yang diadakan KBRI diberbagai provinsi Austria. Para pemain Kolintang selain staf KBRI juga warga Indonesia  di Wina. (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Taufik/M. Taufik) 10-07-2013 04:33:46

Tidak ada komentar: