Minggu, 14 Juli 2013

LISABON



MUSEUM ORIENTE LISABON GELAR PAMERAN WAYANG

     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 9/7 (Antara) - Museum Oriente Lisabon menggelar pameran tetap wayang bertajuk "Shadows of Asia", dengan  menampilkan koleksi  wayang kulit dan properti pedalangan dari tujuh negara Asia, yakni Indonesia, India, China, Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Turki. 
   Pensosbud KBRI Lisabon, Tri Wahyuni kepada Antara di London, Senin, mengatakan tujuan pembukaan pameran itu adalah untuk mempromosikan keberagaman tradisi wayang Asia di Portugal, mulai dari yang tradisional hingga wayang modern berbasis teknologi informasi.

        Direktur Museum, Prof João Amorim, dan pimpinan Yayasan Oriente, Dr Carlos Monjardino yang dikenal aktif bekerjasama dengan KBRI Lisabon dan perwakilan asing mempromosikan dan mensponsori kegiatan budaya Asia di Portugal, meresmikan pameran yang dihadiri sekitar 40 tamu undangan dari kalangan diplomatik, seniman dan pimpinan museum se-Lisabon, dan kurator Sylvie dan Jacques Pimpaneau.

        Prof Amorim mengatakan bahwa pameran kali ini kaya akan makna dan memiliki misi meneruskan kisah maupun legenda bangsa-bangsa di Timur yang dikenal kaya keragamannya melalui berbagai karakter teater bayangan (wayang).

        Tokoh-tokoh wayang Mahabarata dan Ramayana versi Indonesia dan India mendominasi tampilan dalam pameran tersebut.  
   Begitupula wayang kulit Bali dan Jawa mendominasi bagian Indonesia dalam pameran ini.

        Selain beragam koleksi Gunungan, perangkat pedalangan serta gamelan Bali ditata apik melengkapi penampilana wayang dari Indonesia.

        Film tentang seorang dalang merawi kisah dalam wayang Bali   turut tampil di pameran itu. 
   Koleksi wayang Indonesia yang dipamerkan sebagian merupakan koleksi museum dan sumbangan filantropis dan pencinta seni Asia asal Macau, Kwok On. 
   Selama pameran wayang kulit, Museum Oriente juga menggelar  workshop dan kegiatan interaktif lainnya yang berhubungan dengan wayang selama tiga bulan mendatang.

        Kerja sama Museum Oriente Portugal dengan KBRI Lisabon bukan yang pertama kali dan berkolaborasi dalam menampilkan seni budaya Indonesia.

        Tahun ini tidak hanya wayang, workshop gamelan dan promosi kuliner yang ditampilkan di Museum Oriente. 
   Pagelaran seni se-Asia termasuk Indonesia tengah dipersiapkan tampil di Portugal bulan November mendatang.***4***

Budisantoso Budiman
(T.H-ZG/B/B. Budiman/B. Budiman) 09-07-2013 02:54:48

Tidak ada komentar: