Senin, 30 Juni 2014

MAROKO


IAIN IMAM BONJOL JALIN KERJASAMA PENDIDIKAN DI MAROKO

          London, 15/6 (Antara) - Delegasi IAIN Imam Bonjol-Padang yang dipimpin  Rektor Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.Ag, didampingi Wakil Rektor II, Wakil Rektor III serta Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, mengembangkan kerja sama pendidikan dengan sejumlah universitas di Maroko.

         Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat, Suparman Hasibuan kepada Antara London, Minggu, menyebutkan dalam kunjungan delegasi dari IAIN Imam Bonjol di Maroko berhasil dilakukan Penandatanganan MoU Kerja Sama antara IAIN Imam Bonjol dengan  dua universitas terkemuka di Maroko yaitu Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes-Maroko dan Institut Darul Hadist Rabat-Maroko.  
   Di kota Fes, delegasi IAIN Imam Bonjol juga mengunjungi dan menjajaki kerja sama dengan Universitas Al-Qarawiyyin yang dikenal sebagai salah satu universitas tertua di dunia.

        Selain itu, IAIN Imam Bonjol juga mengadakan pertemuan dengan Kementerian Awkaf dan Urusan Islam Maroko.

         Hal ini penting untuk menjalin kembali hubungan komunikasi dan silaturrahim mengingat pada tahun 1996-1998 IAIN Imam Bonjol mengirim lima dosen untuk mengikuti pendidikan S2 dan S3 di beberapa perguruan tinggi di Maroko atas dukungan Kementerian Awkaf dan Urusan  Islam Maroko.

       Beberapa pokok kerja sama dalam MoU antara IAIN Imam Bonjol dengan Universitas di Maroko adalah kesepakatan untuk saling melakukan kunjungan, seminar bersama, jurnal ilmiah serta pertukaran mahasiswa dan dosen untuk dapat meneruskan studinya di program S1,  S2 dan S3.

       Sebagai langkah konkret dari hubungan kerjasama ini, IAIN Imam Bonjol menyampaikan keinginannya untuk mengirimkan sejumlah mahasiswa-mahasiswi untuk dapat menempuh pendidikan di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes.

        Dalam kaitan ini, Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah telah menyampaikan sambutan baiknya dan kesiapannya menerima para mahasiswa-mahasiswi.

        Dubes RI untuk Maroko Tosari Widjaja mengungkapkan kegembiraannya atas hubungan kerja sama yang terjalin antara IAIN Imam Bonjol dengan Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah-Fes.

        Hal ini akan memperkuat hubungan kerja sama antara Pemprov Sumatera Barat dengan Provinsi Fes-Boulamane yang telah terjalin sebelumnya melalui Penandatanganan Pernyataan Kehendak (LoI) Kerjasama Provinsi Bersaudara pada tanggal 26 Mei 2014 di Kota Fes.

        "Hubungan kerja sama antara IAIN Imam Bonjol dengan Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah-Fes akan semakin memperkuat dan meningkatkan kerja sama antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Fes Boulamane-Maroko yang telah terjalin sebelumnya melalui Penandatanganan Pernyataan Kehendak (LoI) Kerjasama Provinsi Bersaudara," demikian Dubes Tosari Widjaja.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 15-06-2014 20:11:52

Tidak ada komentar: