Senin, 30 Juni 2014

SERBIA


GUNADARMA-UNIVERSITAS DI SERBIA JALIN KERJA SAMA

     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 20/6 (Antara) - Tim Universitas Gunadarma dipimpin Rektor Prof. Dr. Eko Sri Margianti melakuakan kunjungan ke Republik Serbia (16-19 Juni) guna membangun kerja sama di bidang pendidikan dengan beberapa universitas di negeri itu.

          Dalam kunjungan tersebut Rektor Universitas Gunadarma dididampingi oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (KOPERTIS) untuk Wilayah II (Sumatera Selatan), Wilayah III (Jakarta) dan wilayah IX (Sulawesi), kata Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Serbia Khotijahtus Sadiyah kepada Antara London, Kamis.

          Universitas Gunadarma, sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki akreditasi institusi A menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi terbaik di Republik Serbia, yakni Universitas Beograd dan Universitas Novi Sad, yang masing-masing menduduki peringkat satu dan dua di Serbia.

          Khotijahtus Sadiyah menyebutkan sebagai payung dasar membangun kerja sama tersebut ditandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Gunadarma dan Universitas Beograd dan dengan Universitas Novi Sad oleh rektor masing-masing universitas.

          Menurut Rektor Universitas Gunadarma, penandatanganan MoU ini bukanlah tujuan akhir, namun  titik awal dari kerja sama konkret yang akan dilakukan dalam waktu dekat di tahun ini.

          Oleh karena itu, setelah melakukan pertemuan dengan rektor dan dekan dari berbagai fakultas di kedua universitas di Serbia, untuk bertukar pikiran mengenai bentuk kerjasama yang dimungkinkan, tercatat beberapa program.

          Kerja sama yang akan segera direalisasikan yaitu pendirian Indonesian Center di Universitas Beograd, pertukaran mahasiswa dan  dosen, pendirian research center, melakukan "Joint Publication" dan "Joint Conference", serta kemungkinkan pelaksanaan "Joint Degree-Dual Degree", baik di tingkat master maupun doktoral.

         Pada kunjungannya, Universitas Gunadarma berkesempatan melakukan pertemuan dengan ComTrade, perusahaan Teknologi Informasi Serbia, yang juga memiliki sekolah tinggi di bidang teknologi informasi dan sekolah kejuruan setingkat SMA di bidang yang sama.

         Sebagai universitas yang sejak awal berfokus pada pengembangan beragam sistem dan produk teknologi informasi, Universitas Gunadarma melakukan diskusi - bertukar pengalaman pengembangan sistem sejenis dengan pihak ComTrade, terutama untuk menghasilkan pengusaha di bidang ICT melalui "Incubator Bussiness".

          Sementara itu, Duta Besar RI di Beograd Semuel Samson, mengatakan  komitmen Universitas Gunadarma untuk melakukan kerja sama di bidang pendidikan dengan Serbia tahun ini, berlangsung pada momentum yang tepat, bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan bilateral RI-Serbia.

          Dikatakannya, kedua Negara berkepentingan untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama antar warga masyarakat atau "People-to-People Contact", dengan basis kepada generasi muda, lewat kerja sama pendidikan dan pengembangan profesi.

          Untuk segera merealisasikannya, dalam kunjungan kerja kali ini, Universitas Gunadarma  menawarkan beasiswa kepada mahasiswa Serbia untuk melanjutkan studi di Universitas Gunadarma. Tawaran beasiswa kali ini terutama difokuskan untuk  mahasiswa Serbia yang terkena musibah banjir bandang belum lama berselang. ***3***
(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 20-06-2014 06:17:24

Tidak ada komentar: