Jumat, 17 April 2015

ITALIA

ITALIA : ASEAN PUNYA POTENSI MENJANJIKAN

          London, 4/4 (Antara) - Italia menyatakan ASEAN memiliki potensi menjanjikan karena besarnya peluang peningkatan ekspor dan investasi infrastruktur negara itu ke ASEAN dengan potensi pasar sebesar 620 juta penduduk.

         "Italia sangat serius ingin menjalin kerjasama dengan ASEAN," ujar Minister Plenipotentiary Mario Vattani - Koordinator bidang EU dan Asia Pacific, Kementerian Luar Negeri Italia dalam Seminar Regionalisme dan Integrasi ASEAN Community 2015, Kamis.

         Dengan situasi krisis global di kawasan Eropa, maka Italia mulai melihat potensi peningkatan ekonomi di kawasan Asia, khususnya ASEAN, ujarnya.

         Dubes RI Roma, August Parengkuan  menyampaikan paparan singkat tentang pentingnya pencapaian ASEAN yang berorientasi kepada masyakarat serta memiliki solidaritas yang tinggi.

         ASEAN juga membangun masyarakat yang peduli dan mau berbagi. Pilar Komunitas Sosial Budaya ASEAN pada akhir tahun 2014  mencapai 97 persen dari cetak biru ASEAN, ujarnya.

         Diskusi itu juga membahas mengenai prinsip demokrasi di ASEAN, pilar ekonomi ASEAN, ASEAN People's Forum (APF), serta bagaimana ASEAN menyikapi sengketa South China Sea dengan Tiongkok.

         Terkait ASEAN People's Forum, Dubes August Parengkuan menyampaikan bahwa APF adalah pertemuan para LSM yang bebas untuk berdialog dan berdiskusi, termasuk dengan pemerintah.

    ***3***
(ZG)(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 04-04-2015 00:39:22

Tidak ada komentar: