Minggu, 24 Mei 2015

BELANDA

INDONESIA - BELANDA GALANG KERJASAMA INFRASTUKTUR

          London, 2/5 (Antara) - Forum Infrastruktur Indonesia - Belanda yang ketiga bertema "Strengthening Indonesia-Netherlands Cooperation on Infrastructure Development", mengalang kerjasama di antara kedua negara, di Den Haag, Belanda.

         Forum pertemuan pelaku usaha dan pemerintah ini dibuka Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, dan dihadiri sekitar 170 peserta dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan pemerintah baik dari Belanda maupun Indonesia, demikian Minister Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Den Haag, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Sabtu.

         Pada kesempatan pembukaan forum tersebut, KUAI KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, menyampaikan penyelenggaraan Forum Infrastruktur ketiga ini diharapkan dapat menjadi sarana kerjasama bagi para pelaku bisnis kedua negara.

        Dikatakannya  forum ini difokuskan pada peningkatan kerjasama bidang pelabuhan, perikanan, infrastruktur logistik, dan perkeretaapian. Diakuinya bahwa Belanda, selain negara-negara seperti Korea, Tiongkok dan Jepang, memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadahi atas bidang kerjasama tersebut.

        Staf ahli Menteri Perhubungan Indonesia Sudiharjo menyampaikan bahwa forum ini merupakan wadah yang strategis untuk pembahasan kerjasama infrastruktur, terutama sektor transportasi mengingat Pemerintah Indonesia saat ini tengah memprioritaskan pembangunan sistem transportasi.

        Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, Seibe Reidstra, menyampaikan perkembangan kota-kota besar di dunia, termasuk Jakarta. Oleh karena itu diperlukan infrastruktur yang memadahi tidak saja yang berupa "hard infrastructure" tetapi juga "soft infrastructure" sehingga diperlukan kerjasama dengan banyak pihak, termasuk Belanda.

        Selama forum berlangsung telah dilakukan paparan dari Van Oord, Port of Rotterdam, Nederland Maritiem Land, Randstad and Freight Pro Rail, Metropolitan Region Rotterdam-Den Haag, Strukton, PT. Pelindo, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan BKPM.

        Sedangkan berbagai pelaku bisnis yang hadir antara lain, Royal Boskalis, Pwerusahaan Konstruksi BAM Internasional, Alstom, Damen, Arcadis, Royal Haskoning DHV dan Witteveen+Bos, sedangkan dari Indonesia hadir PT Pelindo I ¿ IV, BKPM, PT Kereta Api Indonesia, PT LEN, dan Kementerian Perhubungan
   Kegiatan Forum Infrastruktur merupakan pertemuan antara para pengusaha Belanda dan Indonesia yang difasilitasi oleh Pemerintah kedua negara dalam rangka mendorong pengembangan kerjasama di berbagai bidang.

        Forum tahun ini difokuskan pada bidang pelabuhan, perikanan, serta pembangunan jalur kereta api sesuai prioritas agenda pembangunan Indonesia. Sebelumnya tahun 2012 Infrastruktur Forum dilakukan di Den Haag dan tahun 2013 di Jakarta, demikian Azis Nurwahyudi.  
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 02-05-2015 21:05:57

Tidak ada komentar: