Minggu, 24 Mei 2015

HUNGARIA

UNIVERSITAS SAM RATULANGI JALIN KERJASAMA DENGAN HUNGARIA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 15/5 (Antara) - Universitas Sam Ratulangi Manado Indonesia menjalin kerja sama dengan Universitas Debrecen, Hungaria melalui penandatanganan perjanjian kerjasama pendidikan tinggi di bidang ilmu pertanian, teknik dan ekonomi.

        Penandatangan perjanjian nota kesepahaman (MOU) dilakukan Rektor Universitas San Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat dan Wakil Rektor Universitas Debrecen bidang ilmu pengetahuan Prof. Laszlo Csernoch disaksikan Dubes RI untuk Hungaria Wening Esthyprobo Fatandari, bertempat di Gedung Rektorat Universitas Debrecen, Hungaria, demikian Pensosbud KBRI Yudhi Gunawan kepada Antara London, Jumat.

        Dalam sambutannya, Dubes RI untuk Hungaria Wening Esthyprobo Fatandari menegaskan MoU tersebut merupakan payung kerja sama antara kedua universitas dalam pertukaran pengajar, mahasiswa, penelitian dan publikasi riset bersama serta seminar dan konferensi serta kerjasama lainnya.
   Kerja sama itu diharapkan akan menjadi pintu masuk dalam pengembangan profesionalisme dan peningkatan mutu pendidikan kedua institusi.

        Sebelum penandatanganan MoU dilakukan peninjauan ke laboratorium dan fasilitas pendidikan serta pertemuan  antara Dekan Fakultas Teknik UNSRAT, Prof. Dr. Ir. Jefrey Ignatius Kindangen, didampingi Guru Besar Fakultas Teknik UNSRAT, Prof. Dr. Ir. Hieryco Manalip, dengan Prof. Géza Husi, Wakil Dekan dari Fakultas Teknik Universitas Debrecen.

         Pada waktu yang bersamaan di kampus yang berbeda, Dekan Fakultas Pertanian dan Ilmu Pangan serta Manajemen Lingkungan dari Universitas Debrecen Prof. Istvan Kolosi melakukan diskusi ilmiah dengan Dekan Fakultas Peternakan dari Universitas Sam Ratulangi Manado Prof. Dr. Ir. Charles Lodewijk Kaunang.

         Sedangkan Prof. Dr. David Paul Elia Saerang, M.Com, Dekan Fakultas Ekonomi dan Business, Universitas Sam Ratulangi melakukan pembicaraan dengan rekannya dari Universitas Debrecen, Prof. Karoly Peto, Dekan Fakultas Ekonomi.

        Kunjungan Universitas Sam Ratulangi ke Hungaria merupakan rangkaian dari peta jalan pendidikan tinggi universitas negeri di Provinsi Sulawesi Utara ke Eropa dalam rangka internasionalisasi pendidikan di Indonesia khususnya di kota Menado dan Indonesia bagian tengah.

    (T.H-ZG/C/A. Novarina/A. Novarina) 15-05-2015 15:15:49

Tidak ada komentar: