Selasa, 11 Maret 2008

AGUNG DI PORTUGAL

D0110308001785 11-MAR-08 PLK JKT

AGUNG KUNJUNGI PORTUGAL


London, 11/3 (ANTARA) - Ketua DPR RI Agung Laksono mengadakan kunjungan resmi selama tiga hari di Portugal, 10 - 13 Maret 2008 memenuhi undangan Ketua Parlemen Portugal DR Jaime Gama dan hal ini merupakan kunjungan pertama Ketua DPR RI sejak terbentuknya hubungan bilateral Indonesia-Portugal di tahun 1950-an.


Pertemuan tersebut telah dimanfaatkan untuk bertukar pandangan mengenai berbagai topik yang menjadi perhatian bersama, antara lain menyangkut perkembangan hubungan bilateral, masalah internasional serta saling tukar informasi mengenai sistem parlemen kedua negara.


Menurut Fungsi Penerangan KBRI Lisabon Ferry Pada kepada ANTARA London, Selasa, selama berkunjung di Portugal, Agung Laksono juga mengadakan kunjungan kehormatan dengan Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva, PM Jose Socrates serta Menlu Portugal Luis Amado.


Menurut Perry Pada, dalam pembicaraan kedua ketua parlemen menyambut gembira berbagai kemajuan yang telah dicapai kedua negara di berbagai bidang, diantaranya politik, ekonomi dan sosial-budaya yang relatif singkat sejak dibukanya kembali hubungan diplomatik kedua negara di tahun 1999.


Kedua pimpinan parlemen sepakat keberhasilan tersebut merupakan prestasi yang tidak hanya kerja keras kedua pemerintah, namun juga saling pengertian kedua masyarakat termasuk media masa kedua negara.


Menurut Perry Pada, Ketua DPR RI memanfaatkan pertemuan dengan menjelaskan mengenai sistem parlemen di Indonesia, perkembangan proses demokratisasi termasuk proses transformasi politik dan hukum serta upaya demokratis menuju 'good governance' yang tengah berlangsung di Indonesia saat ini.


Ketua Parlemen Portugal menyambut dengan antusias mengenai perkembangan pesat poses demokrasi di Indonesia dan sekaligus menggunakan kesempatan tersebut untuk menjelaskan sistem parlemen di Portugal.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menyambut gembira terbentuknya secara resmi Kelompok Persahabatan Portugal-Indonesia di Parlemen Februari tahun lalu diikuti dengan terbentuknya Grup Kerjasama Bilateral DPR RI-Parlemen Portugal yang diketuai oleh AM Fatwa.


Terbentuknya kelompok persahabatan (kaukus) parlemen ke dua negara, menjadi lembaran baru dalam sejarah hubungan antara Indonesia dan Portugal. Kedua kaukus tersebut, diharapkan dapat menjadi pelaksana second 'track diplomacy' dalam meningkatkan hubungan ke dua bangsa dan negara di berbagai bidang, termasuk meningkatkan "people-to-people contacts".


Menyangkut isu Internasional, Agung Laksono maupun Jaime Gama bertukar pandangan mengenai masalah Internasional dan menyambut gembira keberhasilan Portugal sebagai Presiden UE yang menghasilkan Treaty of Lisbon serta keberhasilan Indonesia dalam penyelenggaraan UN Climate Change Conference yang menghasilkan dokumen "The Bali Roadmap".

Terkait kerjasama di bidang parlemen khususnya menyangkut perkembangan peran IPU dalam menyelesaikan masalah global saat ini, keduanya sepakat mendorong IPU lebih berperan guna memberikan kontribusi kepada perdamaian dan kesejahteraan masyarakat dunia.


Sebagai negara demokratis terbesar ketiga di dunia, Indonesia siap untuk berperan lebih besar bagi peningkatan peran IPU di masa-masa mendatang.


Kunjungan bersejarah Ketua DPR RI tersebut merupakan indikasi positif semakin eratnya hubungan bilateral Indonesia-Portugal saat ini. Pejabat tinggi Indonesia lainnya yang telah berkunjung ke Portugal sejak pembukaan kembali hubungan diplomatik kedua negara, adalah Menlu Hassan Wirajuda di tahun 2003 sebagai kunjungan balasan Menlu Portugal Jaime Gama ke Indonesia tahun 2000.(U-ZG)(T.H-ZG/B/S023/S023) 11-03-2008 15:03:32

Tidak ada komentar: