Jumat, 28 Maret 2008

PENGUSAHA MAKEDONIA

D0280308002210 28-MAR-08 JAS JKT

PENGUSAHA MAKEDONIA CARI MITRA KERJA DI EXPO INDONESIA-WARSAWA


London, 28/3 (ANTARA) - Sekjen Kamar Dagang Makedonia, Jelissaveta Georgieva mengatakan sebanyak 26 pengusaha Makedonia menyatakan akan hadir pada Expo Indonesia yang akan digelar di Warsawa, Polandia pada 7-10 Mei mendatang.


Kesediaan para pengusaha dari Makedonia itu disampaikan langsung Jelissaveta Georgieva kepada Duta Besar RI untuk Republik Hongaria merangkap Republik Croatia dan Bosnia Herzegovina serta Republik Macedonia, Mangasi Sihombing dalam acara sosialisasi mengenai Expo Indonesia, di ruang utama KADIN Makedonia di Skopje, ibukota Republik Makedonia.


Sekretaris I Ekonomi KBRI Budapest Octavino Alimudin kepada ANTARA London, Jumat mengatakan dalam acara sosialisasi yang dihadiri sekitar 40 pengusaha dan wartawan Makedonia, Dubes mengajak pengusaha Makedonia untuk menjalin hubungan dengan pengusaha Indonesia yang ikut dalam Expo Indonesia di Warsawa.


Dubes Indonesia menjelaskan berbagai bidang usaha yang ikut berpameran di Expo Warsawa, mulai dari sektor perdagangan, investasi sampai wisata. Sejumlah badan atau lembaga promosi serta Pemda/Propinsi ikut untuk membantu mencari mitra usaha Indonesia.


Sekjen Kamar Dagang/KADIN Makedonia, Jelissaveta Georgieva mengakui bahwa pengusaha Makedonia, negara kecil yang bersifat land-locked (tak punya pantai/laut), berminat membuka usaha patungan dengan pihak Indonesia di Makedonia dengan menggunakan bahan baku dari Indonesia.


Adanya penerapan tax holiday dan flat taxation policy serta persyaratan membuka usaha yang sangat dimudahkan diharapkan para pengusaha dengan mudah memperluas jaringannya tidak hanya terbatas di Makedonia.


Dalam mempromosikan Makedonia sebagai mitra investasi, Pemerintah Makedonia ikut membantu mencari mitra investor asing bagi investor setempat selain itu Makedonia merupakan tujuan wisata yang potensial, ujarnya.


Para pebisnis Makedonia mencari mitra di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Eftim Isirof, seorang pengusaha Makedonia yang pernah berkunjung ke Indonesia turut meyakinkan rekan-rekannya mengenai Indonesia sebagai mitra terpercaya seperti pengalamannya pribadi dan juga menyaksikan kemajuan Indonesia.


Sekretaris I Ekonomi KBRI Budapest Octavino Alimudin mengatakan bahwa acara sosialiasi Expo Indonesia ? Warsawa yang berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan dari peserta termasuk mengenai kemungkinan mengimpor mesin-mesin penyulingan, bahan pewangi dan produk herbal, hasil pertanian seperti kopi, coklat, karet/ban yang seluruhnya termasuk komoditi yang diminati pasar Makedonia. (U-ZG)(T.H-ZG/B/B012/B012) 28-03-2008 16:44:59


Tidak ada komentar: