Kamis, 13 Maret 2008

ASIA CENTRE BUDAPEST

DUBES SIHOMBING: ASIA CENTER BUDAPEST PUNYA NILAI STRATEGIS


London, 12/3 (ANTARA) - Dubes Sihombing menilai kerjasama Indonesia dengan Asia Center Budapest dengan mitra kerja Asia Center Indonesia di Jakarta memiliki nilai strategis, karena Indonesia dapat mengirimkan komoditinya melalui importir Hongaria ke negara Balkan, Eropa Tengah bahkan ke wilayah Baltik sampai ke belahan utara Federasi Rusia.


Hal itu diungkapkan Dubes Sihombing pada diskusi panel di Asia Center di pinggiran kota Budapest dalam rangka ulang tahun ke-5 Asia Center Budapes, kata Sekretaris I, Pensosbud, KBRI di Budapest, Arena Sri Victoria, kepada ANTARA, Rabu.


Di hadapan lebih dari 30 wartawan Hongaria dan asing, pimpinan Asia Center Budapest, Dr. Riedel dan pejabat dari Kedubes China, Dubes Mangasi Sihombing merespon sejumlah masalah yang dikemukakan dalam diskusi.


Dubes Sihombing mencatat hubungan ekonomi Indonesia dengan Hongaria ditandai dengan minat kuat dari sejumlah perusahaan Hongaria untuk berinvestasi di Indonesia di berbagai bidang termasuk agrobisnis, energi dan kesehatan.


Selain itu, juga sudah ada perusahaan Indonesia yang membuka usaha di Budapest untuk memfasilitasi kegiatan dagang antara kedua pihak, apalagi Hongaria memiliki budaya yang memiliki naluri dan tradisi dagang yang kuat.


Pada kesempatan itu, Dubes Sihombing menjelaskan mengenai Expo Indonesia yang pertama kali akan dilakukan di Kawasan Eropa Tengah dan Timur yang akan diadakan di Warsawa, Polandia pada 7-10 Mei 2008, menghadirkan lebih dari 300 perusahaan terkemuka Indonesia.


Expo ini untuk memfasilitasi kalangan bisnis Eropa Tengah dan Timur untuk menjalin kontak dan bernegosiasi dengan pengusaha Indonesia dalam bisnis dagang atau ekspor-impor, investasi dan pariwisata.


"Sebagai pimpinan Asia Center Budapest, saya sendiri akan hadir dalam Expo Indonesia di Warsawa," kata Dr. Riedel kepada Dubes Indonesia. Selain itu Dr. Riedel juga menjanjikan untuk bekerja sama dengan KBRI untuk mempromosikan First Indonesia Expo in Central and East Europe di Warsawa. (U-ZG)(T.H-ZG/B/M012/M012) 12-03-2008 20:12:46


Tidak ada komentar: