Sabtu, 08 Maret 2008

BUPAR GANDENG SQ

DEBUPAR GANDENG SINGAPORE AIRLINES JARING WISATAWAN JERMAN


Berlin, 7/3 (ANTARA) - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Debupar) mengandeng perusahaan penerbangan Singapore Airlines, menyusul masih diberlakukannya larangan terbang bagi maskapai penerbangan Indonesia dalam upaya meningkatnya arus wisatawan dari Eropa khususnya Jerman.


Hal itu terungkap dalam konperensi pers yang digelar Debupar, Kamis sore di gedung ICC Messe, Berlin, sehubungan dengan keikutsertaan Indonesia dalam pekan pariwisata terbesar di dunia "ITB Berlin" yang berlangsung hingga 9 Maret mendatang.


Konperensi pers yang dihadiri Dutabesar RI untuk Republik Federal Jerman Makmur Widodo, Staf Ahli Menteri Thamrin B Bachari yang sebelumnya menjabat sebagai| Dirjen Pemasaran serta General manager Singapore Airlines untuk wilayah Jerman, Austria, Eropa Barat dan Timur.


General manager Singapore Airlines untuk wilayah Jerman, Austria, Eropa Barat dan Timur, Casey Ow Yong, mengatakan bahwa tercatat sebanyak 126 penerbangan ke Indonesia dari Singapura setiap minggunya untuk ikut mensukseskan Visit Indonesia Years 2008.


Dikatakannya setiap harinya terdapat delapan penerbangan langsung dari Frankfurt ke Indonesia dan tiga kali ke Denpasar. Selain itu, anak perusahaan Singapore Airlines, Silk Air, melakukan penerbangan tujuh kali seminggu ke Balikpapan, tiga kali ke Lombok serta empat kali seminggu ke Menado, 15 kali seminggu ke Medan, tga kali ke Palembang, dan 14 kali ke Surabaya serta tiga kalis seminggu ke Solo,

Sementara itu, Perwakilan pusat informasi pariwisata Indonesia di Jerman Monika Blanchian mengatakan jumlah wisatawan Jerman yang datang ke Indonesia pada tahun 2007 tercatat 116.868 orang, naik dibandingkan tahun 2006 yang hanya 106.629 orang.


Dalam menyambut Visit Indonesia Year 2008, sepanjang tahun 2008 digelar sebanyak 100 event internasional, di antaranya Java Jazz festival, Internasional Surfing Competition serta Borobudur Internasional Festival.


Masih banyak kegiatan lainnya yang digelar dalam rangka VIY di antaranya Internasional Dragon Boats, Kejuaraan Badminton Piala Thomas dan Uber, Bali Internasional Triathlon, Tanah Lot Festival serta Indonesia Internasional Travel Fair.


Untuk menyambut kedatangan wisatawan mancanegara yang ditargetkan sebanyak tujuh juta orang juga diresmikan beberapa hotel baru seperti Kura kuta Resort & Spa, Tugu Lombok Resort di Lombok dan tiga hotel baru di Bali masing masing, St Regis & Resident, Banyan Tree Ungasan, Angsana Bali resort dan Ritz-Carlton Pacific Place di Jakarta.


Untuk mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan asing, kata Staf Ahli Menteri, Thamrin B Bachari, visa on arrival (VOA) yang diberlakukan di 52 negara, ditambah lagi di 11 negara masing masing untuk wisatawan dari Aljeria, Ceko, Fiji, Latvia,Libiya, Lithuania,Panama,Rumania,Slovakia,Slovenia dan Tunisia.


Anjungan Indonesia di ITB Berlin yang menampilkan replika patung Garuda Kencana didukung oleh sekitar 65 industri perhotelan, agen perjalanan dan spa, serta lima Pemda masing masing dari Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lombok Barat dan Jayapura .


"ITB Berlin" sejak tahun 1980 itu diikuti oleh lebih dari 10.000 peserta pameran dari 180 negara serta 180.000 pengunjung berlangsung sejak tanggal 5 Maret diwarnai dengan aksi mogok angkutan umum serta badai salju. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/A027/A027) 07-03-2008 21:16:03


Tidak ada komentar: