Sabtu, 08 Maret 2008

KROASIA MITRA RI

D0070308002321 07-MAR-08 JAS JKT

INDONESIA SIAP JADI MITRA DAGANG HANDAL KROASIA


London, 7/3 (ANTARA) - Dutabesar Indonesia untuk Kroasia, Mangasi Sihombing, menegaskan Indonesia siap menjadi mitra dagang yang handal dan terpercaya tidak saja bagi usahawan Kroasia, tetapi juga negara lainnya termasuk kawasan Balkan dan Eropa Timur.


Hal itu disampaikan Dubes dalam seminar yang diselenggarakan dalam kaitan dengan Pameran Wisata dan Produk Pangan "Sajam Split" di kota wisata Split yang berada di kawasan pantai laut Adriatik .


Sekretaris I Ekonomi, KBRI Budapest, Octavino Alimudin kepada ANTARA, London, Jumat, menyebutkan presentasi Dubes Indonesia dalam seminar Sajam Gast ini dihadiri para pelaku bisnis terutama dari Kroasia dan Bosnia Herzegovina yang ikut dalam pameran Sajam Gast yang berlangsung sejak 13 tahun lalu.


Menurut Dubes, ekspor impor Indonesia secara bilateral dengan Kroasia masih di bawah kapasitas kedua negara. Selama 2007, menurut Biro Statistik Kroasia, perdagangan kedua negara mencapai 73.83 juta dolar AS dengan ekspor Indonesia mencapai 72.96 juta dolar AS, sedangkan ekspor Kroasia ke Indonesia 1.88 juta dolar AS.


Dikatakannya, posisi strategis Kroasia di kawasan Balkan dengan pelabuhan lautnya seperti Rijeka, Ploce dan Split membuat negara itu dapat berperan sebagai pintu gerbang komoditas ekspor Indonesia ke kawasan Balkan dan Eropa Tengah serta Eropa Timur.


Dalam presentasinya, Mangasi Sihombing mengharapkan Kroasia dapat memanfaatkan Indonesia sebagai pintu gerbang ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Australia serta Selandia Baru.


Pada kesempatan itu, Sihombing juga menjelaskan rencana penyelenggaraan pameran Indonesia (Indonesia Expo in Central and East Europe/ IE CEE) di Warsawa tanggal 7-10 Mei mendatang.


Indonesia Expo ini diharapkan menjadi wahana pertemuan dan kontak serta negosiasi dagang, investasi dan wisata antar pelaku usaha Indonesia dengan mitra mereka dari kawasan Eropa Tengah dan Timur diharapkan akan diikuti 300 perusahaan Indonesia.(U-ZG)

(T.H-ZG/B/A027/A027) 07-03-2008 21:16:04


Tidak ada komentar: