Sabtu, 08 Maret 2008

THE COLOUR LIFE OF INDONESIA

D0080308000346 08-MAR-08 SBH JKT

MALAM INDONESIA GALANG DANA UNTUK ANAK LOMBOK DIGELAR DI PRAHA


London, 7/3 (ANTARA) - Malam Indonesia dengan tema "The Colour Life of Indonesia" digelar Yayasan Kintari bekerjasama dengan KBRI Praha, Republik Ceko, dalam rangka menggalang dana yang hasilnya akan disumbangkan untuk pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang mampu di Lombok.


Acara yang diadakan di P.M. Club Praha, Ceko, Kamis malam (6/3)itu dibuka Koordinator Fungsi Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, menarik minat banyak penonton yang sebagian besar warga Ceko, demikian menurut siaran pers KBRI Praha yang diterima ANTARA London, Jumat.


Malam Indonesia itu diawali dengan menampilkan kesenian berupa tari Pendet yang dibawakan oleh delapan gadis dan diikuti dengan penampilan Tari Bajidor, Tari Topeng, dan Tari Bares.

Para penonton juga mendapat suguhan kesenian gamelan yang dibawakan oleh warga Ceko asuhan KBRI Praha, serta peragaan busana tradisional dengan paduan perhiasan yang bernuansa etnis.


Selama pertunjukan berlangsung, pemandangan dan budaya berbagai daerah seperti Sumatra Barat, Lombok dan Maluku ditampilkan sebagai latar belakang panggung melalui foto-foto hasil bidikan mahasiswa Ceko yang pernah belajar di Indonesia.


Suasana ini sangat membawa penonton seolah-olah sedang berada di Indonesia. Selama berlangsungnya acara, penontonpun disajikan makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, gado-gado, dan pisang goreng.


Malam Indonesia yang diadakan Yayasan Kintari yang beranggotakan mantan penerima beasiswa Darmasiswa itu juga penampilan kesenian dari negara lain yang mempunyai kemiripan dengan Indonesia seperti tarian dari Mali yang serupa dengan tarian dari Papua, dan Capoera yang miripan dengan Pencak Silat.


Malam dana itu semakin meriah dengan penampilan "breakdance" dari anak-anak Panti Asuhan Mlada Boleslav dan diakhir acara terkumpul berbagai perlengkapan sekolah yang akan dikirim ke Lombok.


Menurut Aziz Nurwahyudi, para penonton yang hadir disarankan membawa buah tangan berupa berbagai perlengkapan sekolah seperti buku, alat tulis, tas sekolah sampai sepatu yang setiap tahun di kirim oleh Yayasan Kintari ke Lombok untuk anak-anak yang kurang beruntung. (U-ZG) (T.H-ZG/C/Y006/C/Y006) 08-03-2008 03:56:01


Tidak ada komentar: