Jumat, 28 Maret 2008

SOSIALISASI EXPO INDONESIA

PENGUSAHA HONGARIA IKUTI SOSIALISASI EXPO INDONESIA DI WARSAWA


London, 26/3 (ANTARA) - Sebanyak 40 pengusaha Hongaria mengikuti sosialisasi mengenai pelaksanaan Expo Indonesia I untuk Eropa Tengah dan Timur yang akan diselenggarakan di Warsawa, Polandia dari tanggal 7-10 Mei.


Acara sosialisasi Expo Warsawa itu mendapat perhatian besar dari pengusaha Hongaria termasuk pihak Kadin setempat dan sejumlah peserta yang hadir menyatakan minatnya untuk hadir di Warsawa. demikian Arena Sri Victoria, Sekretaris I, Pensosbud KBRI Budapest kepada ANTARA London, Selasa.


Paparan Dubes Indonesia untuk Republik Hongaria merangkap Republik Croatia, Bosnia Herzegovina dan Macedonia, Mangasi Sihombing itu diselenggarakan di Hotel Corinthia di tengah kota Budapest oleh KBRI Budapest didukung sepenuhnya oleh Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) setempat.


Mengawali paparannya Duta Besar Mangasi Sihombing mengajak hadirin untuk mencermati daftar peserta exhibitor Indonesia yang telah disusun dalam katalog, agar pengusaha Hongaria dapat memilih calon mitra sesuai dengan bidang usaha masing-masing.


Dalam Expo Indonesia, peserta terbagi dalam tiga kelompok yaitu dagang (trade), investasi dan wisata (tourism). Katalog untuk sementara memuat lebih dari 150 pengusaha Indonesia dengan unit-unit kerja pemerintah yang bersangkutan termasuk sejumlah Pemda Propinsi.


Duta Besar menjelaskan latar belakang Expo Indonesia Warsawa yang merupakan upaya bersama sembilan KBRI di kawasan Eropa Tengah dan Timur (ETT) dengan dukungan enam kementerian yang bertautan.


Mangasi Sihombing mengakui, sejauh ini pasar ETT masih kurang mendapatkan perhatian dari pengusaha Indonesia padahal prospek kawasan ini cukup cerah apalagi sebagian diantaranya menjadi anggota Uni Eropa dengan tingkat pendapatan perkapita dan daya beli yang tinggi.


Sebaliknya, pengusaha ETT kurang memahami potensi Indonesia sebagai mitra untuk berbagai kepentingan seperti investasi, wisata dan pasar komoditi, ujarnya.


Dalam acara sosialisasi yang berlangsung secara interaktif dimana para pengusaha mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan minat dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pebisnis Indonesia.


"Saya berminat mengimpor beberapa komoditi dari Indonesia, tetapi saya juga berharap menjual sesuatu ke Indonesia," ungkap sepasang pengusaha dalam diskusi langsung dengan Duta Besar.


Acara sosialisasi Expo Warsawa ini mendapatkan perhatian besar dari para pengusaha Hongaria termasuk pihak Kadin setempat. Sejumlah peserta yang hadir menyatakan minatnya untuk hadir di Warsawa. "Sampai jumpa di Expo Warsawa," kata seorang pengusaha sewaktu menyalami Duta Besar Indonesia pada waktu pamit setelah acara selesai.


Asia Center Budapest yang punya reputasi baik di kalangan pebisnis Hongaria di bidang promosi dagang, telah memastikan akan partisipasinya dalam Expo Indonesia di Warsawa, demikian Arena Sri Victoria. (U-ZG)(T.H-ZG/B/M012/M012) 26-03-2008 20:08:58


Tidak ada komentar: