Kamis, 20 Agustus 2009

DUBES DORONG WNI JADI "DIPLOMAT"

DUBES DORONG WNI DI JERMAN JADI "DIPLOMAT"

London, 20/8 (ANTARA) - Dubes RI untuk Jerman Eddy Pratomo mengajak warga Indonesia di Jerman berperan lebih aktif dalam membangun hubungan antar bangsa melalui pendekatan "people to people contact" agar tercipta kerjasama yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan Jerman.

Dubes mengemukakan hal itu saat berkenalan dengan masyarakat Indonesia di Berlin yang yang digagas KJRI Hamburg, sekaligus perayaan untuk memperingati HUT ke-64 RI pada Selasa (18/8) lalu, demikian siara pers yang diterima koresponden Antara di London, Kamis.

Dubes mengatakan, hal itu dimungkinan mengingat Indonesia menjalankan kebijakan "multi-track-diplomacy", yaitu selain pemerintah masyarakat Indonesia juga dapat berperan dalam membangun hubungan bilateral kedua negara melalaui hubungan yang disebut "people to people contact".

Dubes merasa bangga dengan upaya yang dilakukan KJRI Hamburg maupun ormas-ormas di wilayah kerjanya dalam mempromosikan Indonesia.

Dubes Eddy Pratomo juga menyampaikan terima kasih atas undangan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hamburg dan berjanji akan berusaha menghadiri acara serupa setiap tahun untuk memperkuat tali silaturahmi dengan masyarakat Indonesia di Jerman Utara.

"Kerjasama Indonesia dan Jerman sudah berlangsung sejak 58 tahun lalu dan sudah banyak hal yang dihasilkan. Namun kita semua juga perlu merefleksikan kembali hasil yang dicapai mengingat masih ada beberapa hal yang perlu 'di-review'," katanya.

Prioritas kerjasama Jerman - Indonesia saat ini, lebih berfokus pada bidang perubahan iklim dan kerjasama ekonomi.

KJRI Hamburg mengelar acara malam gembira memperingati HUT RI ke-64, Selasa (18/8) lalu, sekaligus perkenalan dengan Dubes RI di Berlin Eddy Pratomo kepada masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg.
Cuaca yang cerah menyambut acara malam gembira diisi dengan tari-tarian tradisional Indonesia, angklung dan berbagai jenis musik seperti keroncong, dangdut, pop dan rock yang digelar di halaman belakang gedung KJRI Hamburg.

Sekitar 1.000 masyarakat Indonesia di Jerman Utara meliputi negara bagian Hamburg, Schleswig Holstein, Niedersachsen dan Bremen, dengan antusias mengikuti acara ramah tamah dan hiburan yang berlangsung di halaman belakang KJRI Hamburg.

Acara hiburan dibuka dengan persembahan tari Indang oleh sanggar seni Margi Budoyo KJRI Hamburg, disusul dengan penampilan tari-tarian seperti Tari Kuda Lumping, Tari Gambyong, Tari Panyembrana dan Tari Piring.

Halaman belakang KJRI Hamburg dipadati sekitar 1000 tamu yang menikmati beragam hidangan, berupa dendeng balado, ayam semur, sayur campur dan aneka buah.
Konjen RI di Hamburg, Teuku Darmawan menyampaikan penghargaannya dan terima kasih dengan kehadiran Dubes Eddy Pratomo dalam acara malam gembira memperingati HUT RI ke 64 mengingat baru pertama kalinya Dubes hadir dalam acara yang digelar KJRI Hamburg.

Konjen RI juga sangat bahagia, karena partisipasi masyarakat Indonesia serta tamu masyarakat Jerman yang hadir sangat banyak yang membuktikan kecintaan kepada Indonesia yang sangat besar.

Warga Jerman sendiri merasa terkesan atas keramah-tamahan Indonesia dan penampilan seni budaya yang unik.

(U-ZG) ***4***
(T.H-ZG/C/B011/B011) 20-08-2009 08:19:12

Tidak ada komentar: