Kamis, 27 Agustus 2009

TARI BETAWI BUKA INTERNATIONAL FOLKLORE FESTIVAL PRAHA

TARI BETAWI BUKA INTERNATIONAL FOLKLORE FESTIVAL PRAHA

London, 27/8 (ANTARA) - Tari Lenggang Nyai dari Betawi dibawakan dengan lincah oleh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), tampil mempesona para penonton pada pembukaan The 6th Jarmark International Folklore Festival yang digelar di Praha, Ceko.

Kelincahan penari yang diiringi dengan irama musik yang rancak menghipnotis ratusan penonton yang hadir di festival, ujar Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Kamis.

Azis Nurwahyudi mengatakan selain tari Lenggang Nyai,maka tim kesenian UNJ yang terdiri atas 18 penari dan pemain musik menampilkan tari Giring-Giring dari Kalimantan dan Reog Dok-Dok dari Jawa Barat.

Tari Giring-Giring ditampilkan dengan unik karena seorang penari menari di atas gong sementara sebagian lain secara mengejutkan muncul dari arah penonton.

Sementara Reog Dok-Dok tampil dengan komunikatif selain mengunakan Bahasa Indonesia, para pemain juga menggunakan Bahasa Ceko yang mengajak penonton turut terlibat dalam penampilan mereka.

Pada pementasan sebelumnya , para penari menampilkan tari Yosim Pancar dari Papua, Ketuk Tilu dari Jawa Barat dan Piring Cupak dari Sumatera Barat.

Mengenakan busana tari yang berwarna- warni para penari juga mengikuti karnaval mengelilingi Old Town Square, Praha.

Azis Nurwahyudi mengatakan tahun ini Indonesia mendapat kehormatan menjadi negara pertama yang tampil pada acara pembukaan festival tahunan tersebut.

Selain Indonesia, tampil dalam acara pembukaan antara lain penari dari China, Georgia, Serbia, Turki, Slovenia, Republik Dominika, Israel, Cyprus, Rusia, dan negara tuan rumah.

Tim kesenian UNJ sebelumnya berpartisipasi dalam Pisek International Folklore Festival di kota Pisek sekitar 200 kilo dari Praha. Selain itu, mereka juga akan mengelar pertunjukan di Bratislava, Slovakia. ***5****

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 27-08-2009 07:04:14