Rabu, 19 Agustus 2009

ITALIA BERI APRESIASI KEPADA INDONESIA

PEMERINTAH ITALIA BERI APRESIASI KEPADA INDONESIA

London, 19/8 (ANTARA) - Pemerintah Italia memberi apresiasi kepada Indonesia yang telah berperan penting di Kawasan Asia Tenggara dan di dunia internasional, termasuk upaya bersama memecahkan masalah global di bidang keuangan, perubahan iklim, energi dan ketahanan pangan.

Demikian disampaikan Dubes RI di Roma merangkap Malta, Siprus, dan Badan PBB, FAO, WFP, IFAD dan UNIDROIT, Mohamad Oemar pada peringatan HUT RI ke-64 di Roma, Italia.

Counsellor Penerangan Sosial dan budaya (Pensosbud) KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden ANTARA London, Selasa (waktu setempat) mengatakan, peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Roma diselenggarakan KBRI Roma bersama KBRI Vatikan.
Dubes mengatakan, Bangsa Indonesia boleh bangga karena dunia kini memandang Indonesia sebagai teladan, baik sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, jembatan antara Islam dan Barat, berhasil melakukan transformasi sosial politik.

"Sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, sebagai negara yang menjamin kebebasan, pluralisme dan toleransi, Indonesia selama 10 tahun berhasil melakukan reformasi di segala bidang," katanya.

Dalam konteks hubungan Indonesia-Italia, Dubes menyampaikan catatan tentang berbagai kemajuan hubungan kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan investasi.

Dubes Oemar juga mengajak masyarakat Indonesia untuk turut menjaga dan memajukan berbagai perkembangan positif tersebut, baik di Tanah Air maupun dalam hubungannya dengan Italia.


Perayan bersama
Musurifun Lajawa mengatakan, sejak tahun 2008, KBRI Roma dan KBRI Vatikan mengadakan kegiatan peringatan HUT RI bersama secara bergilir.
Hal ini merupakan pengejawantahan dan untuk terus memupuk semangat kebersamaan, persatuan dan kerja sama yang lebih erat antara masyarakat Indonesia di kedua negara akreditasi yang bertetangga dekat.
Disamping berbagai lomba olah raga, tahun ini juga dilaksanakan lomba busana terbaik, kerapihan ruang kerja serta pemilihan "local staff of the year".
Pada upacara bendera juga digelar aubade lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan suster-suster Indonesia yang bertugas di Vatikan.

Alunan lagu-lagu Bangun Pemuda Pemudi, Hari Kemerdekaan serta Gebyar-Gebyar yang diselingi pembacaan puisi sempat menggetarkan sanubari dan menggugah semangat kebangsaan sekitar 350 peserta upacara, termasuk diantaranya pelajar, mahasiswa, suster, romo dan TKI dari Italia dan Vatikan.

Seluruh hadirin termasuk Dr Sonny Keraf, anggota DPR RI dan mantan Menteri Lingkungan Hidup, tergugah untuk ikut bernyanyi dengan penuh semangat.

Perayaan HUT RI ke-64 tahun ini dimeriahkan dengan ramah-tamah bagi seluruh masyarakat Indonesia di Italia dan Vatikan dalam bentuk panggung gembira dan lomba karaoke bertempat di halaman Wisma Duta RI Roma.

Lomba menyanyi ini khusus untuk lagu-lagu Indonesia termasuk keroncong, guna memupuk kesadaran dan cinta masyarakat terhadap musik Indonesia.

Sebagai upaya untuk mendorong semangat putra-putri WNI di Italia untuk mendalami budaya Tanah Air serta mendukung kegiatan promosi citra Indonesia, KBRI juga memberikan penghargaan dan bingkisan khusus kepada duta-duta Kecil yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan promosi kebudayaan. (U-ZG) ***5***
(T.H-ZG/B/S023/S023) 19-08-2009 15:58:13

Tidak ada komentar: