Sabtu, 01 Januari 2011

ANNIE LENNOX

ANNIE LENNOX DAPAT PENGHARGAAN DARI RATU INGGRIS

London, 1/1 (ANTARA)- Penyanyi kelahiran Skotlandia Annie Lennox (56) mendapat penghargaan dari Ratu Inggris Elizabeth II berupa "The Order of the British Empire- OBE", Sabtu.

Penghargaan itu diberikan atas jasanya menjadi duta Oxfam, yayasan sosial dan mendirikan SING kampanye untuk meningkatkan kesadaran AIDS di Afrika.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa Annie Lennox telah menerima OBE di tahun baru untuk pekerjaannya melawan AIDS dan kemiskinan di Afrika," demikian disampaikan website resmi Annie Lennox.

Lennox yang juga merupakan Goodwill Ambassador UNESCO untuk AIDS dan seorang aktivis perdamaian terkemuka, mengakui, "I'm genuinely honored to be part of the New Year's honors list for 2010," ujar Lennox yang mengatakan bahwa ia benar benar mendapat kehormatan mendapatkan penghargaan yang masuk dalam penerima penghargaan dari Ratu Inggris di tahun baru.

Annie Lennok mengakui bahwa sebagai sedikit dari seorang pemberontak, yang berarti dirinya telah melakukan sesuatu yang sangat benar, ujar penyanyi yang sekarang menetap di London.

Lennox, kelahiran Aberdeen 25 Desember 1954, yang baru meluncurkan album terbarunya dan terjual jutaan menyelang Natal yang berjudul "A Christmas Cornucopia", menduduki posisi tertinggi dalam tiga dekade "UK Chart hits", menerima penghargaan bersamaan dengan bintang film veteran Suchet yang dikenal dengan film seri Detektif Pairot.

Dalam album terbarunya Annie Lennox membawakan 12 lagu lagu tradisional antara lain "See Me Amid the Winter's Snow", yang dikenal sebagai "Hymn For Christmas Day" gubahan Edward Caswall dan John Goss era 1870-an. Serta "The First Noel", "Angels from the Realms of Glory", atau "Gloria"dan "Silent Night".

Lennox yang menjadi penata musik yang dikenal pembawa 'synth-pop' dan 'new wave era' di tahun 1980-an itu memasukkan unsur-unsur musik folk, Timur Tengah, dan musik abad pertengahan dalam album barunya yang melibatkan 30 musisi orkestra dengan paduan suara anak-anak Afrika.

Lennox yang menerima penghargaan itu bukan dari hasil musiknya, melainkan sebagai pekerja sosial, mengakui bahwa ia tidak pernah membayangkan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ratu Inggris, apalagi dalam pekerjaannya sebagai duta Badan PBB untuk Kebudayaan UNESCO.

Lennox, kelahiran Aberdeen, 56 tahun lalu, yang sekarang tinggal di London, mengatakan dia "benar-benar terhormat" untuk menerima penghargaan tersebut.

Penyanyi yang populer dengan lagu "Sweet Dreams" dan "There Must Be An Angel" dengan iringan musik setengah Eurythmics itu juga telah memenangkan banyak penghargaan album Diva sebagai bintang solo.
Dia mengtakan, "Saya benar-benar merasa terhormat untuk menjadi bagian dari The New Year's Honours list tahun 2010."
(ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 01-01-2011 19:46:02

Tidak ada komentar: