Minggu, 04 Desember 2011

PBC UNIDO

INDONESIA TERPILIH ANGGOTA PBC UNIDO DI WINA

London, 3/12 (ANTARA) - Indonesia secara aklamasi telah terpilih sebagai anggota "Programme and Budget Committee (PBC) United Nations Industrial Development Organization (UNIDO)" sebelum penutupan sidang sesi ke-14 General Conference (GC) UNIDO yang diadakan di markas besar kantor UNIDO di Wina, Austria.

Dengan posisi ini, Indonesia terpilih untuk mengisi satu dari 27 kursi yang tersedia dalam keanggotaan PBC UNIDO 2012-2013 dam menjadi wakil kelompok Asia bersama-sama dengan empat negara Asia lainnya, yakni China, India, Iran dan Pakistan, ujar Sekretris Tiga KBRI/PTRI Wina Rahmawati Wulandari kepada ANTARA London, Sabtu.

Keberhasilan Indonesia ini juga menggambarkan kepercayaan negara-negara anggota lainnya atas peran dan kepemimpinan Indonesia dalam fora multilateral, khususnya dalam menanggapi isu-isu pembangunan industri berkelanjutan.

Melalui keanggotan dalam PBC ini, Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk membahas berbagai program dan anggaran UNIDO untuk pelaksanaan aktifitasnya dalam menjalankan mandat demi kepentingan negara anggota UNIDO.
Secara khusus, Indonesia juga memiliki tanggung jawab besar dalam memperjuangkan kepentingan terkait promosi pembangunan industri berkelanjutan, baik di dalam negeri, kawasan regional Asia dan Pasifik maupun dalam kerangka kerjasama internasional.

Duta Besar / Wakil Tetap RI untuk organisasi internasional di Wina, I Gusti Agung Wesaka Puja, menyampaikan pentingnya kemitraan dengan UNIDO untuk mendukung pembangunan industri berkelanjutan di Indonesia.

Kemitraan tersebut dilaksanakan melalui pelaksanaan berbagai proyek dan program kerjasama pada tiga area tematik prioritas yakni pengentasan kemiskinan melalui aktifitas produksi, peningkatan kapasitas perdagangan dan pembangunan energi dan lingkungan hidup.

Pembangunan industri berkelanjutan yang bersifat inklusif adalah salah satu kunci utama dalam aspek pembangunan berkelanjutan, yang meliputi tiga dimensi yakni lingkungan hidup, ekonomi dan sosial.

Beberapa program kerjasama antara Indonesia dan UNIDO hingga saat ini antara lain meliputi sektor energi terbarukan untuk pemanfaatan gelombang air laut sebagai sumber energi; optimalisasi system dan efisiensi energy; pengurangan Hydro-Chloro-Fluoro-Carbon (HCFC) berdasarkan Konvensi Protokol Montreal; dan pembangunan kapasitas di Maluku.

UNIDO merupakan organisasi PBB yang aktif mempromosikan program-program pembangunan industri berkelanjutan. Dalam melaksanakan mandatnya, UNIDO memegang visi Delivering as One UNIDO dan Partner for Prosperity.
Program-program yang dilakukan juga diarahkan untuk mendukung pelaksanaan tahun 2012 yang telah ditetapkan oleh PBB sebagai International Year of Sustainable Energy for All.

***2***
(ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 03-12-2011 05:05:55

Tidak ada komentar: