Jumat, 16 Desember 2011

PELATIH PASI

ATLETIK - PELATIH PASI IKUTI PELATIHAN KHUSUS DI JERMAN

London, 16/12 (ANTARA) - Sebanyak sembilan pelatih atletik dari berbagai daerah di Indonesia di bawah naungan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mendapatkan pelatihan khusus di Malente, Schleswig-Holstein, Jerman selama dua minggu.

Kesembilan pelatih tersebut masing-masing berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Maluku, DKI Jaya, dan Nusa Tenggara Barat, demikian keterangan dari KJRI Hamburg yang diterima ANTARA London, Jumat.

Konjen RI Hamburg, M. Estella Anwar Bey menyampaikan apresasi kepada Kementerian Luar Negeri Jerman dengan terselenggaranya program pelatihan serta Schleswig-Holsteiner Leichtathletik-Verband (SHLV) yang menyediakan fasilitas dan bantuan kompetensi kepada pelatih atletik Indonesia.

Dikatakannya prestasi Indonesia di bidang olahraga mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari keluarnya Indonesia sebagai juara umum pada SEA Games ke XXVI di Jakarta dan Palembang, pada 11-22 November lalu.

Pada SEA Games tersebut, prestasi Indonesia di cabang atletik menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan berhasil meraih 16 medali atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebanyak tujuh atlet yang pernah mendapatkan pelatihan di Malente berhasil menyumbangkan medali, dan lima diantaranya adalah medali emas.

Keberhasilan ini tidak lepas dari keseriusan pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pelatihan kepada atlet dan pelatih, yang salah satunya dilaksanakan melalui program kerjasama dengan mitra di luar negeri, yakni dengan Federasi Atletik Schleswig-Holstein (SHLV), demikian Konjen.

Program pelatihan diselenggarakan di Malente ini merupakan implementasi kemitraan Indonesia-Jerman dalam upaya meningkatkan hubungan dan kerjasama internasional di bidang olahraga.

Melalui kemitraan ini diharapkan persahabatan Indonesia - Jerman yang pada tahun 2012 genap berusia 60 tahun dapat menjadi semakin erat, dan prestasi olah raga Indonesia ke depan semakin maju.

Program pelatihan diselenggarakan Schleswig-Holsteinischer Leichtathletik-Verband (SHLV) dengan topik dan fokus pada lari jarak sedang (Middle Distance Running).

Dalam program tersebut, para pelatih dari PASI mendapatkan pelajaran teori dan praktek secara intensif dari pengajar dan pelatih profesional, diantaranya mantan atlet ternama Jerman, Paul Schmidt dan Steffen Uliczka.

Program yang mendapat bantuan dari Pemerintah Jerman, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri Jerman, sebagai bentuk komitmen dalam memajukan hubungan internasional dengan negara berkembang melalui kerjasama di bidang olah raga.

Khusus untuk Indonesia, program pelatihan di bidang atletik ini dimulai sejak awal 1980-an berlangsung hingga akhir 1999 dengan bentuk kegiatan antara lain berupa program pelatihan untuk atlet dan pelatih atletik Indonesia di Malente, serta pengiriman tenaga profesional dan atlet Jerman ke Indonesia untuk memberikan klinik pelatihan di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali, dan Papua.
Namun karena kendala teknis program terhenti tahun 2000 dan baru dimulai lagi 2009, yang pada pertengahan 2009 dan 2010, sejumlah pelatih dan atlit terkenal Indonesia kembali diundang ke Malente mendapatkan pelatihan dan berkesempatan mencoba fasilitas tartan yang baru selesai dibangun di Ernst Rudiger Sport Centre.

Sementara Oktober 2010 lalu, dua pelatih atletik Jerman dan Ariane Friedrich, atlet lompat tinggi Jerman kelas dunia berkunjung ke Indonesia untuk memberikan kursus pelatihan pada cabang decathlon, heptathlon, dan lompat tinggi di Jakarta.
Menurut rencana tahun 2012, pihak SHLV berencana mengundang sejumlah atlet dan pelatih atletik Indonesia, khususnya pada cabang lempar cakram dan lempar lembing, untuk mendapatkan pelatihan di Malente.

Selain itu, SHLV juga akan mengirimkan beberapa tenaga profesional Jerman ke Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada para pelatih atletik di Bandung dan Jakarta dengan fokus pada pembinaan atlet tingkat dasar.

(ZG)

(T.H-ZG/B/T009/T009) 16-12-2011 08:14:18

Tidak ada komentar: