Selasa, 23 April 2013

BENDA SENI



RATUSAN BENDA SENI INDONESIA DIPAMERKAN DI MILAN

Oleh Zeynita Gibbons

London, 22/4 (ANTARA) - Ratusan jenis benda seni yang telah memperoleh pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia dipamerkan di Museum Etnografi Milan sejak tanggal 20 April hingga 15 Juli, kata Pensosbud KBRI Roma Arindya Anindita kepada ANTARA London, Senin.

Benda-benda seni itu terdiri dari wayang kulit dan wayang golek, keris dari berbagai daerah di Indonesia, kain batik dan tenun ikat, patung Asmat dan benda-benda seni lainnya, katanya.

Ia mengatkan bahwa dalam acara pembukaan Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Roma Priyo Iswanto menyampaikan penghargaan yang tinggi atas nama Pemerintah Indonesia atas kesediaan dan kreativitas kolektor untuk memamerkan benda-benda seni Indonesia,
Ia mengatakan acara pembukaan pameran benda-benda seni Indonesia yang tak ternilai harganya itu dihadiri lebih dari 300 pengunjung memadati Museum Etnografi Milan.

Pameran yang bertema "Nusantara: Lima Kisah Indonesia" itu diselenggarakan atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma dan lima orang kolektor benda-benda seni Indonesia di Milan serta Museum Etnografi Milan.

Di antara ratusan benda seni tersebut, keris dan patung Asmat setinggi hampir tiga meter adalah yang paling menyedot perhatian pengunjung, jelasnya.

Priyo Iswanto menggarisbawahi melalui pameran akan menambah pemahaman yang lebih luas bagi masyarakat Italia terhadap kekayaan dan keragaman budaya Indonesia dan diharapkan semakin mendekatkan kedua bangsa.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu kolektor, Mariangela Fardella, yang sejak tahun 1951 sering berkelana di Indonesia. Ia pun menambahkan bahwa momentum penyelenggaraan pameran ini sangat tepat di mana Indonesia sedang tumbuh tetapi belum dikenal banyak oleh masyarakat Italia.

Melihat animo masyarakat Italia yang sangat tinggi, rencananya pameran serupa akan dilakukan lagi di masa datang secara berkala baik di Milan, Roma maupun di kota-kota lain di Italia sebagai sarana untuk lebih memperkenalkan Indonesia. ***4***


(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 22-04-2013 08:48:10

Tidak ada komentar: