Kamis, 11 April 2013

PARIS MARATHON



INDONESIA PROMOSIKAN "JAKARTA MARATHON" DI PARIS

     Oleh Zeynita Gibbons   
   London, 11/4 (Antara) - Indonesia mempromosikan penyelenggaraan "Jakarta Marathon" yang akan digelar pada Oktober 2013 dalam rangkaian kegiatan Marathon de Paris 2013 di Perancis baru-baru ini.

        "Indonesia juga membuka pendaftaran bagi calon peserta yang akan mengikuti lomba Jakarta Marathon 2013," ujar Minister Counsellor KBRI Paris, Arifi Saiman kepada Antara London, Kamis .

        Jakarta Marathon 2013 merupakan sebuah perlombaan lari maraton internasional yang akan digelar di Jakarta pada 27 Oktober 2013.

        Menurut Arifi, tim pelari marathon Indonesia yang berpartisipasi pada Marathon de Paris 2013 berkekuatan 12 pelari yang mendapat dukungan semangat dari masyarakat Indonesia baik saat start di Champs-Elysées maupun ketika melewati kawasan jalan protokol khususnya di sekitar Menara Eiffel. Masyarakat Indonesia memberikan dukungan dengan mengibarkan bendera merah putih dan yel-yel khas.

        Pada kegiatan Marathon de Paris 2013, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 50 ribu orang, namun pada hari-H pelaksanaannya yang berpartisipasi berjumlah sekitar 38 ribu orang.

        Kegiatan Marathon de Paris 2013 juga diisi dengan Running Expo yang menghadirikan sebanyak 200 stand bertempat di exhibition hall Porte de Versaille. Dalam kesempatan itu Indonesia mempromosikan produk-produk industri yang berkaitan dengan olah raga serta  pariwisata Indonesia kepada pengunjung.

        Dalam Running Expo Marathon de Paris 2013, Indonesia  diwakili oleh Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Marathon de Paris dan Ndang Mawardi selaku Ketua Penyelenggara Jakarta Marathon 2013.

        Produk yang dipamerkan berasal dari berbagai sektor industri khususnya yang berkaitan dengan dunia olah raga lari seperti sepatu olah raga, pakaian olah raga, minuman penunjang stamina dan lain-lain.

   
Temu Masyarakat
   Dalam rangkaian Paris Marathon dan Jakarta Marathon, KBRI Paris mengelar temu masyarakat bertempat di Ruang Balai Budaya KBRI Paris  yang bertema Berlari dan Berbagi (BB).

        Kegiatan temu masyarakat dibuka Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Paris dan dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar dan Direktur MICE dan Minat Khusus Kemenparekraf Rizki Handayani.

        Sapta Nirwandar dalam acara temu masyarakat menyampaikan paparan tentang dunia kepariwisataan Indonesia, sementara partisipasi Indonesia pada Marathon de Paris 2013 disampaikan Ketua Tim Marathon de Paris 2013 Indra W Supriadi.

        Dalam paparannya, Wamenparekraf antara lain menyampaikan perkembangan pariwisata nasional yang pada tahun 2012 meraih kunjungan delapan juta wisatawan mancanegara dengan perolehan devisa sekitar sembilan miliar dolar AS.

        Dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, Kemenparekraf melakukan pembenahan terhadap objek-objek wisata unggulan yang selama ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

        Selain itu, Pemerintah Indonesia juga terus melakukan  diversifikasi destinasi dan atraksi wisata seperti melalui penyelenggaraan Jakarta Marathon pada tanggal 27 Oktober 2013 mendatang.

        Sementara itu, Indra W Supriadi yang mewakili peserta Marathon de Paris asal Indonesia menjelaskan mengenai partisipasi Indonesia pada lomba marathon internasional seperti Marathon de Paris 2013.

        "Partisipasi tim maratahon Indonesia mengusung semangat kepedulian sosial melalui program  Berlari untuk Berbagi (BUB)," ujarnya.

        Penggalangan dana sosial melalui program BUB melibatkan kalangan profesional dan entrepeneur nasional yang beberapa diantaranya menjadi partisipan reguler lomba marathon internasional.

        Sejak tahun 2009 program BUB telah menyalurkan bantuan kepada lebih dari 50 yayasan sosial di Indonesia, seperti Yayasan Anak Penderita HIV/AIDS, autis dan kanker. ***3***
(ZG)

(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 11-04-2013 10:03:34



Tidak ada komentar: