Selasa, 25 Juni 2013

BELANDA


PERUSAHAAN INDONESIA MASUK KE INDUSTRI INFORMATIKA BELANDA

Oleh Zeynita Gibbons
London, 21/6 (Antara) - Perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang teknologi informasi, PT Abyor International, mendirikan kantor cabang terbaru di High Tech Campus Eindhoven (HTCE) yang menandai masuknya Indonesia ke industri informatika Belanda.

"Peresmian pembukaan kantor cabang tersebut dilaksanakan dengan penandatangan kontrak antara Direktur PT Abyor International, Latif Gau dengan pihak manajemen HTCE diwakili Manajer Busines Development Brainport Eindhoven, Pieter Noordzij," kata Sekretaris Pertama KBRI Denhaag Danang Waskito kepada Antara London, Jumat.

Penandatangan kontrak tersebut disaksikan Dubes RI Den Haag, Retno LP Marsudi didampingi Atase Perdagangan KBRI Den Haag, A Firdaus Sukmono dan Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag.

Dubes Retno Marsudi menyambut baik pembukaan kantor cabang perusahaan Indonesia tersebut dan menyatakan upaya ini merupakan hal yang positif untuk "eye-opener" kemampuan anak negeri dalam bidang teknologi informasi bagi publik dan perusahaan-perusahaan Belanda.

Dubes menyambut baik rencana bisnis PT Abyor yang akan memanfaatkan kantor cabang di HTCE sebagai gerai produk-produk PT Abyor International, sedangkan untuk pengerjaan jasa IT akan dilakukan di Indonesia. Hal ini akan memberikan nilai tambah produk PT Abyor yang menguntungkan Indonesia.

Dubes menekankan kawasan Eropa dengan Belanda sebagai pintu gerbangnya, memiliki ceruk pasar yang potensial untuk produk-produk industri kreatif tersebut.

Dengan demikian, hal ini akan sejalan dengan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk mendorong pemajuan industri kreatif, termasuk jasa teknologi informasi, sebagai promosi komoditas ekspor non-ekstraktif.

High Tech Campus Eindhoven dikenal sebagai merupakan kawasan "open research center" seperti Silicon Valley di AS yang diawali dari pusat penelitian Philips yang saat ini lebih dari 100 perusahaan besar dari 60 negara penyedia jasa teknologi informasi bermukim di HTCE.

Diantaranya perusahaan terkemuka dunia seperti IBM, Intel, Sony, Samsung, Panasonic, ABB, dan Philips, dengan total karyawan peneliti yang berada di HTCE melebihi 8000 orang.

PT Abyor International (Indonesia) merupakan perusahaan jasa teknologi informasi berbasis Systems Applications and Products in Data Processing (SAP) dan penciptaan aplikasi permainan.

Didirikan empat orang Indonesia dan Jerman pada tahun 2009, saat ini PT Abyor Indonesia mempunyai lebih dari 200 karyawan tetap dan masih terus merekrut ahli-ahli teknologi infomasi dari berbagai institusi, khususnya perguruan tinggi Indonesia.

Pada tahun 2011, PT Abyor International membuka kantor cabang di Australia dan Singapura., setelah membuka kantor di Eindhoven, perusahaan tersebut akan membuka kantor cabang di Hamburg, Jerman pada bulan Agustus mendatang.***3***
(T.ZG)
(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 21-06-2013 14:31:06

Tidak ada komentar: