Selasa, 25 Juni 2013

WINA

KBRI WINA LANCARKAN DIPLOMASI BUDAYA BANTU ANAK DI SLOVENIA

London, 23/6 (Antara) - KBRI Wina bekerja sama dengan Lions Club Iliria di Ljubjana, Slovenia mengadakan malam Gala Dinner midsummer untuk pengumpulan dana bagi anak-anak kurang mampu di Slovenia.

Acara yang diselenggarakan di Villa Podroznik, di Ljubljana, Slovenia dihadiri sekitar 300 undangan yang sebagian besar adalah kalangan atas warga Slovenia, demikian Counsellor Koordinator Pensosbud/Protkons, Dody Kusumonegoro kepada ANTARA London, Minggu.

Pada acara tahun ini, Indonesia menjadi co-host bersama Lions Club sekaligus menjadi negara Asia pertama yang menjadi mitra acara ini setelah tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan negara maju di Eropa dan Amerika.

Dikatakannya tema yang ditampilkan Indonesia dalam acara pada tahun ini adalah dari anak-anak untuk anak-anak dimana acara diisi dengan penampilan seni budaya Indonesia oleh anak-anak Indonesia dari SMP Tarakanita I Jakarta serta tim kesenian KBRI Wina baik warga Indonesia maupun Austria.

Villa yang mempunyai taman yang luas ini diubah menjadi suasana Indonesia mulai dari dekorasi taman dengan hiasan penjor, Wayang Kulit dan wayang Golek, hiasan meja makan ala Bali serta nuansa merah putih di berbagai sudut taman serta berbagai ornamen tradisional lainnya,
Sementara iringan live musik dari orkes Kolintang, Gamelan Jawa dan Gamelan Bali. Khusus untuk penampilan Gamelan Bali ditampilkan oleh para pemain gamelan yang keseluruhannya adalah warga Austria.

Suasana Indonesia ditampilkan sejak para tamu undangan tiba di gerbang utama yang langsung disambut dengan permainan Talempong dan calung oleh anak-anak tim kesenian Tarakanita tersebut.

Berbagai orkes musik tradisional tersebut di atas juga langsung menyambut para hadirin sebelum memasuki area teater alam terbuka dimana bangku penonton dilapisi bambu seperti layaknya suasana pedesaan di Indonesia.

Acara utama di awali dengan Tari Pendet yang merupakan tari pembuka dan Rampak Gendang, Manuk Dadali serta Saman yang dibawakan tim kesenian SMP Tarakanita I Jakarta serta Tari Sonteng oleh seorang penari dari Gema Puspa Nusantara Wina.

Duta Besar/Watap RI, Rachmat Budiman, menekankan tema yang dipilih Indonesia adalah dari anak-anak untuk anak-anak dimana pentingnya hubungan people to people kedua negara.

Kedatangan tim kesenian anak-anak Indonesia untuk berpartisipasi pada acara ini menyampaikan pesan khusus bagi warga Slovenia tentang pentingnya masa depan anak-anak serta tali persahabatan kedua bangsa.

Dubes/Watap RI juga menyampaikan kepada hadirin bahwa seni budaya yang ditampilkan pada acara ini adalah sebagian kecil dari berbagai keragaman budaya Indonesia.

Sambutan hangat dari tim kesenian Indonesia kepada para hadirin merupakan cerminan budaya masyarakat Indonesia dalam menjamu para tamunya.

Acara dilanjutkan dengan makan malam dimana hidangan yang disajikan oleh Lions Club adalah kulinari nusantara yang disiapkan oleh Chef Slovenia dengan dibantu para jurumasak KBRI Wina. Acara diakhiri dengan hiburan musik kolintang dan band KBRI Wina hingga lewat tengah malam.

Acara Midsummer Gala Dinner dari Lions Club ini ini merupakan salah satu acara yang cukup mendapat perhatian masyarakat Slovenia dan juga diliput oleh media massa setempat.

Menjadi co-host pada acara ini sejalan dengan program promosi budaya dan pariwisata Indonesia di Slovenia yang terfokus pada niche market dalam hal ini kalangan menengah atas.

KBRI Wina menerima undangan Lions Club Iliria Slovenia sebagai co-host selain sebagai sarana promosi juga untuk lebih meningkatkan hubungan dan tali persahabatan kedua negara di bidang sosial budaya.***4***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 23-06-2013 10:29:27

Tidak ada komentar: