Jumat, 15 November 2013

BRITISH COUNCIL

BRITISH COUNCIL DUKUNG EKONOMI KREATIF INDONESIA

London, 6/11 (ANTARA) - British Council menyatakan komitmennya untuk meningkatkan peran aktifnya dalam mendukung pengembangan berbagai subsektor ekonomi kreatif Indonesia untuk masa lima tahun ke depan.

Dukungan dari British Council itu disampaikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dengan British Council diwakili Direktur Seni Graham Sheffield, kata Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Ni Wayan Giri Adnyani kepada Antara London, Rabu.

Menparekraf dalam kunjunagn kerjanya ke Inggris selain melakuan pertemuan dengan British Council, yang dibicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan peningkatan kerja dan pengembangan bidang ekonomi kreatif, juga berkunjung ke Tech City UK serta melakukan kunjungan ke pusat-pusat industri kreatif Inggris Raya.

Pada pertemuan dengan British Council yang diwakili oleh Direktur Seni Graham Sheffield telah dibicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan peningkatan kerjasama pengembangan industri kreatif Indonesia dengan fokus pada pengembangan subsektor fesyen dan film dengan potensi dukungan pada pengelolaan festival dan even yang juga meliputi banyak sub sektor ekonomi kreatif.
Menurut Menteri Mari Pangestu, British Council menyampaikan apresiasi pemerintah Indonesia atas peran British Council yang telah dilakukan selama ini khususnya dalam pengembangan industri fesyen.

"British Council telah memfasilitasi pengembangan wirausaha kreatif bidang fesyen dalam beberapa tahun terakhir, yang berhasil meningkatkan kapasitas para desainer Indonesia ke tataran internasional, baik secara artistik maupun komersial," papar Mari Pangestu.

Menparekraf mengharapkan dukungan yang sama untuk pengembangan sub sektor ekonomi kreatif lainnya yang menjadi fokus dalam kerjasama dengan British Council.

Menurut Ni Wayan Giri Adnyani, mengingat pentingnya pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia, British Council akan menempatkan seorang petugas khususnya di bidang ekonomi kreatif di perwakilannya di Jakarta. Nantinya petugas tersebut menjadi fasilitator antara berbagai pihak yang terkait di Indonesia dan Inggris Raya.

Menparekraf juga berkesempatan mengunjungi Tech City UK suatu institusi di bawah pemerintahan Inggris Raya yang memfasilitasi berbagai hal bagi para perusahaan perintis (start-up) di bidang media dan teknologi informatika.
Lokasi Tech City strategis karena berada di pusat kota London yang sangat membantu bukan saja bagi para pengusaha namun juga bagi perusahaan pengguna jasa. Dukungan yang diberikan bukan saja dalam penyediaan tempat kerja dan jaringan kerja, namun meliputi dukungan mentoring serta pendanaan melalui berbagai mekanisme keuangan.
Menparekraf juga mengunjungi gedung pertunjukan The Shed yang ikonik serta OXO2 Creative Center yang menjadi pusat promosi dan penjualan berbagai usaha ekonomi kreatif di wilayah London dan sekitarnya.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/S. Suryatie/S. Suryatie) 06-11-2013 06:21:04

Tidak ada komentar: