Selasa, 26 November 2013

YUNANI

FOTO MASJID ISTIQLAL JAKARTA DIPAMERKAN DI YUNANI

London, 27/11 (Antara) - Sebanyak 51 foto dari berbagai negara termasuk foto berjudul "Istiqlal Mosque" atau Masjid Istiqlal Jakarta digelar dalam pameran fotografi yang diadakan di Pusat Kebudayaan kota Lamia, Yunani.

Delapan foto mengenai Indonesia dipamerkan, dalam pameran fotografi yang bertajuk "Till the Edge of the World", digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena bekerja sama dengan Wali Kota Lamia, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Athena Jani Sasanti kepada Antara London, Selasa.

Fotografer terkenal Yunani, Athanasios Maloukos, berinisiatif menampilkan karya fotonya yang diambil ketika melakukan perjalanan ke negara-negara Asia dan Afrika.

Karya foto yang dipamerkan selain dari Indonesia juga dari India, Papua Nugini, Ethiopia, China, Haiti, Sri Lanka, Vietnam, Mali, Haiti, Burkina Faso, Malaysia, dan Pantai Gading, yang digelar dalam pameran fotografi di Pusat Kebudayaan kota Lamia, Yunani,
Foto yang dipamerkan selama sebulan sampai 20 Desember 2013 itu menampilkan profil kehidupan masyarakat dari setiap negara, beberapa di antaranya meraih penghargaan kompetisi internasional seperti Master's Cup Competition The International Award Honoring Color Photography dan International Photography Award (IPA).

Dari delapan foto mengenai Indonesia yang dipamerkan, salah satu foto berjudul Istiqlal Mosque berhasil meraih an Honorable Mention at the International Photography Awards (IPA).

Foto-foto lainnya yaitu Irian Jaya (Motherhood), Kecak Dance, Ijen Miner, Kebo-keboan, Ludruk, Mentawai dan Jatilan Dance.

Pameran secara resmi dibuka bersama Wali Kota Lamia, Gubernur Yunani Tengah, Senator dari Prefecture Fthiotis, dan Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa.

Pameran dihadiri sekitar 150 undangan dari kalangan pemerintah, pengusaha, fotografer dan masyarakat setempat juga diliput stasiun TV swasta nasional seperti STAR yang mengadakan liputan wawancara dengan Dubes Benny Bahanadewa dan media cetak setempat.

Menurut Dubes Benny Bahanadewa, pameran fotografi disukai secara luas, tidak saja di masyarakat setempat juga kalangan pejabat tinggi dan tokoh masyarakat setempat.

Pameran fotografi juga memberikan nilai promosi yang efektif tentang kehidupan sosial, budaya dan pariwisata kepada masyarakat setempat, katanya.

Menurut Dubes Benny, melalui fotografi, masyarakat setempat dapat melihat Indonesia dari perspektif yang berbeda. Selain itu, fotografi dilakukan warga negara setempat, sehingga mengekspresikan kondisi Indonesia dari sudut pandang fotografer.

Lamia merupakan salah satu kota penting dan terbesar di Yunani dengan penduduk yang terkenal sangat menghargai seni.

Menurut kutipan laporan portal website Lamia Report, pameran fotografi ini merupakan sebuah laporan pluralistik, menggambarkan negara-negara yang terletak jauh dari Yunani sehingga lebih bersahabat dan dekat ke khalayak Yunani. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/B/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 27-11-2013 00:42:46

Tidak ada komentar: