Selasa, 26 November 2013

DIN SYAM

DIN SYAMSUDDIN BANGGA PERJUANGAN MAHASISWA INDONESIA DI INGGERIS

London, 25/11 (Antara) - Ketua Umum PP Muhammadiyah. Prof. Din Syamsuddin mengakui bangga akan perjuangan mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di luar negeri khususnya di Inggris.

"Saya juga punya berpengalaman sebagai mahasiswa yang merantau saat di UCLA Amerika Serikat," ujar Din Syamsuddin yang hadir dalam acara Musyawarah Besar PPI UK yang digelar di kampus Coventry University, Coventry, Inggris akhir pekan.

Ketua PPI UK periode 2012-2013 Haikal Bekti Anggoro kepada Antara London, Senin mengatakan musyawarah besar PPI UK juga bertujuan untuk pemilhan ketua baru dihadiri perwakilan dari 31 cabang dari 32 cabang yang dimiliki PPI UK.

Prof. Din Syamsuddin hadir sebagai tamu kehormatan, setelah menghadiri acara Religions for Peace, di Austria bersama Dubes T.M. Hamzah Thayeb dan Atase Pendidikan KBRI London, Prof. T.A. Fauzi Soelaiman.

Din penyampaiannya kebanggaannya dan akan rasa cinta mahasiswa Indonesia yang merantau akan Indonesia, dan diwujudkan dengan berbagai kontribusi. "Tidak ada yang tahu, mungkin sekarang menjadi Presiden PPI, selanjutnya menjadi Presiden RI," ujarnya.

Pemilihan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) diikuti tiga orang calon, Faldo Maldini mendapatkan suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua PPI UK periode 2013-2014 menggantikan Haikal Bekti Anggoro .

Pemilihan Ketua PPI UK periode 2013-2014 yang dilakukan menggunakan sistem yang dimiliki Coventry University, Faldo Maldini terpilih dengan mendapatkan suara terbanyak.

Pemilhan yang dilakukan pada Musyawarah Besar PPI UK di kampus Coventry University ini dihadiri perwakilan dari 31 cabang dari 32 cabang yang dimiliki PPI UK.

Dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1,600, cabang-cabang PPI UK tersebar dari Belfast di Barat hingga Norwich di Timur, dan dari Aberdeen di Utara hingga Plymouth di Selatan.

Senior Director of International Region dari Coventry University, Sarah Jepchott, menyampaikan kebanggaannya hubungan Coventry University dan pelajar Indonesia semakin erat, terutama setelah menjadi tuan rumah Musyawarah Besar untuk terakhir kalinya.

Ia berharap hubungan Coventry University dengan Indonesia juga semakin erat, mengingat sebentar lagi mereka akan membuka kantor perwakilan di Jakarta. Saat ini, terdapat sekitar 50 pelajar Indonesia yang sedang studi di Coventry University.

Dubes T.M. Hamzah Thayeb menyatakan sangat bangga dengan kinerja dari PPI UK dan juga prestasi para pelajar Indonesia di UK. Diharapkannya berbagai prestasi dapat dilanjutkan, dan berkontribusi kepada Indonesia.

Dubes didampingi Atase Pendidikan KBRI London, Prof. T.A. Fauzi Soelaiman. Kepengurusan PPI UK 2012-2013 kemungkinan menjadi kepengurusan terakhir mengingat masa tugasnya akan berakhir pada sekitar pertengahan 2014.

Kepengurusan 2012-2013 merupakan kepengurusan yang menurutnya sangat sibuk, tetapi dapat menghasilkan banyak sekali pencapaian positif.

Prof. Fauzi yang salah satu tugas utamanya adalah mendampingi pelajar Indonesia di luar negeri juga mengharapkan kerja sama yang semakin erat antara KBRI dan PPI UK untuk mencapai berbagai prestasi yang lebih besar lagi ke depannya.

Acara Musyawarah Besar diisi dengan penyampaian pertanggung jawaban PPI UK selama satu tahun ke belakang. Selain peresmian PPI Cabang yang baru yaitu PPI Cabang Kota Hull, Cranfield, dan Edinburgh serta pemilihan Ketua Umum PPI UK 2013-2014.

Faldo mengusung visi menjadikan pelajar Indonesia yang tergabung di PPI UK menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Indonesia . PPI UK diharapkan dapat mempengaruhi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk ikut memajukan Indonesia.

Faldo Maldini memiliki track record sebagai Ketua BEM UI sebelum di UK beserta berbagai pengalaman berorganisasi. Setelah lulus dari UI, Faldo berangkat ke UK pada 2013 kuliah di salah satu universitas terbaik di dunia yaitu Imperial College London mengambil Plastic Electronics program Pasca Sarjana.***4***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 25-11-2013 19:50:21


Tidak ada komentar: