Selasa, 26 November 2013

ROMA

MISI MUHIBAH SENI BUDAYA UNAS DI ROMA

London, 20/11 (ANTARA) - Universitas Nasional melakukan muhibah seni budaya ke Roma, Italia dengan mengadakan pementasan, pameran serta pelatihan seni budaya Indonesia di Università Degli Studi di Napoli L'Orientale, Italia.

Muhibah Seni Budaya Universitas Nasional ke Italia dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri dan promosi seni budaya Indonesia, kata Pensosbud KBRI Roma Nindarsari Utomo kepada ANTARA London, Rabu.

Dikatakannya Universitas Nasional (UNAS) selain melakukan muhibah seni budaya juga penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan dua Universitas setempat Università Degli Studi Roma Tre dan Università Degli Studi Pisa.
Pada tahun 2012 dan 2013 UNAS sebelumnya mengadakan MOU dan Memorandum of Agreement dengan Università Degli Studi di Napoli L¿Orientale untuk pengiriman mahasiswa UNAS ke L¿Orientale dan sebaliknya.

Rektor UNAS El Amry Bermawi Putera mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma atas dukungan dan adanya inisiatif Pemerintah bagi universitas mendapatkan peran dalam program Muhibah Seni.

UNAS berupaya menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah karena mencari hal-hal yang dapat dilakukan dalam bentuk kerjasama antar universitas, meningkatkan profil universitas di dalam dunia internasional yang terus berkembang.
Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan universitas di luar negeri dapat tercapai hubungan yang lebih cair antar universitas terkait di kedua negara. Selain itu dapat berkontribusi dalam upaya mempererat hubungan antara masyarakat kedua bangsa.
Muhibah seni budaya di Basilica San Giovanni Maggiore Napoli, mahasiswa UNAS menghadirkan tari-tarian dan seni Topeng Betawi, Topeng Cirebon serta tarian Bali, yang berhasil menarik perhatian penonton
Para penari mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Wakil Rektor Universitas Napoli Orientale, Prof. Elda Morliicchio.

Wakil Duta Besar RI di Roma, Priyo Iswanto, menyampaikan penghargaannyadengan sambutan dari Wakil Rektor UNO, jajaran akademisi dan mahasiswa UNO.

Selain itu mengucapkan selamat kepada Rektor dan jajaran akademisi serta mahasiswa UNAS berhasil memelihara dan memanfaatkan hubungan antar kedua negara dengan melakukan kerjasama antara kedua universitas.

Dikatakannya dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama dengan dua universitas terkemuka di Italia membuka peluang yang lebih luas bagi terlaksananya people to people contact.

Ungkapan apresiasi dan penghargaan ditujukan pula kepada Dr. Antonia Soriente selaku Ketua Bidang Studi Indonesia di Universitas Napoli Oriental.
Kerjasama yang telah dibina dengan UNAS dan berbagai universitas di Indonesia meningkatkan hubungan serta pertukaran kunjungan mahasiswa kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Asosiasi Tradisi Lisan mempertunjukkan seni tari budaya Tradisi Lisan para penutur asli, penabuh musik tradisional dan penari yang datang langsung dari kepulauan Riau.

Pelestarian budaya tradisional sekaligus mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang dikenal dengan keanekaragaman budayanya. Hal itu diakui Konsul Kehormatan Indonesia di Napoli, Giuseppe Testa.

Sementara itu, dalam kesempatan penandatanganan MOU di Kampus Roma Tre, Rektor Universitas Roma Tre, Prof. Mario Panizza, mengindikasikan pentingnya kunjungan balasan ke Indonesia dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antar kedua universitas.
Universitas Roma Tre akan segera mengidentifikasi kerjasama yang akan dilakukan yang tercatat dalam nota kesepahaman .

Sedangkan dalam penandatanganan MOU di kampus Universitas Pisa, Wakil Rektor Universitas Pisa, Prof. Nicoletta De Francesco, menyatakan Universitas Pisa dibangun sejak tahun 1300¿ an memiliki komitmen yang tinggi melakukan kerjasama internasional dan akan membahas terperinci bidang kerjasama dengan UNAS.

***1***(ZG)
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 20-11-2013 10:10:36

Tidak ada komentar: