Selasa, 26 Januari 2016

I-4

JOHNY SETIAWAN HARAPKAN I-4 JADI DUTA KEILMUAN
     Zeynita Gibbons

    London, 20/1 (Antara) - Astronom dan penemu lebih dari sepuluh planet baru Dr Johny Setiawan yang terpilih sebagai Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) bertekad agar organisasi ilmuwan Indonesia menjadi duta Indonesia di bidang keilmuwanan dunia.

         Tekad Dr Johny Setiawan yang menginginkan I-4 menjadi lebih mandiri dalam melangkahkan kakinya untuk mencapai visi dan misi itu disampaikan pada Musyawarah Internasional (MUIN) I-4, sekaligus pergantian kepengurusan, demikian Sekretaris Jendral Indonesia yang juga Wakil Ketua I-4 Achmad Adhitya, kepada Antara London, Rabu.

         Dikatakannya I-4 adalah organisasi yang dideklarasikan di Den Haag oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia se dunia, Ilmuwan Indonesia di luar negeri dan organisasi kepemudaan di Indonesia sebelumnya diketuai Dr Dessy Irawati-Rutten.

         Organisasi bertujuan membangun jejaring dan melakukan pendataan Ilmuwan Indonesia di luar negeri sampai saat ini berhasil mengumpulkan hamper 400 nama ilmuwan Indonesia di luar negeri yang bekerja di bidang akademis dan profesional di luar negeri.

         Dalam pertemuan MUIN tersebut, Dr Dessy menjelaskan beberapa program yang berhasil diluncurkan seperti "I-4 Talks", Kuliah Daring/Online dan bersinergi dengan berbagai organisasi lain untuk ikut berbagi informasi dan pengetahuan tentang beragam hal.

         I-4  berhasil memiliki status hukum sebagai yayasan, yang membuat I-4 dapat berkontribusi lebih luas untuk masyarakat.

         Menurut Achmad Adhitya, I-4 berencana untuk mencptakan proyek-proyek sosial edukatif ke sekolah dan panti asuhan, penulisan karya ilmuwan dan karyawisata ilmiah sebagai upaya kongkrit untuk bekontribusi ke masyarakat.

         Dr Johny Setiawan juga mengajak para anggota I-4 dan ilmuwan Indonesia secara menyeluruh untuk bekerja sama dan bersinergi untuk mewujudkan cita-cita mulia dalam meningkatkan jiwa keilmuwanan ke generasi penerus.

         Pengurus I-4 untuk periode 2015-2017, diketua Dr Johny Setiawan, dengan Sekretaris Jendral Indonesia dan Wakil Ketua Achmad Adhitya, Sekretariat Ketua Umum, Cahyahadi, Bernd Willecke dengan  Bendahara Dr Victoria Lelu Sabon,
    Memiliki beberapa divisi seperti Divisi Grafis & Multimedia, Divisi Event, Promosi dan Komunikasi, Divisi SDM dan keanggotaan didukung mitra di masing masing negara.

    ***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 20-01-2016 11:24:26

Tidak ada komentar: