Jumat, 08 Januari 2016

NEW YORK

IKRAR SETIA WALI KOTA GUNAKAN BAHASA INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 9/1 (Antara) - Pembacaan ikrar setia pelantikan Walikota Somersworth, New Hampshire, Dana S Hilliard dilakukan dalam Bahasa Indonesia yang digelar di ruangan City Hall Somersworth, New York.

         Selain jajaran pejabat Kota Somersworth,  pelantikan dihadiri Gubernur Negara Bagian  New Hampshire Margareth Hassan serta Senator Negara Bagian New Hampshire David H Waters, kata Minister Counselor Konsul Jenderal RI (KJRI) New York Benny YP Siahaan yang hadir malam itu sebagai tamu undangan khusus Walikota Hilliard yang dikenal dekat dengan komunitas Indonesia di Somersworth kepada Antara di London, Sabtu.

         Benny YP Siahaan yang mewakili KJRI New York mengatakan Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan negara asing yang hadir pada acara tersebut.

        "Begitu dekatnya hubungannya dengan Indonesia, Walikota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam Bahasa Indonesia, selain dalam Bahasa Inggris dan Perancis.  Kebanyakan warga Somersworth keturunan Perancis," ujarnya.

         Dalam tiga tahun terakhir kerja sama antara Pemerintah Kota Somersworth,  KJRI New York, komunitas Indonesia sangat erat dalam memajukan dan memperkenalkan Indonesia di Kota Somersworth, seperti pengenalan Bahasa Indonesia, seni dan budaya melalui pagelaran seni yang diselenggarakan komunitas Indonesia bekerja sama dengan KJRI New York dan didukung Pemkot Somersworth.
    Ia mengatakan pembacaan Ikrar Setia dalam Bahasa Indonesia dilakukan Abigail Johan, pelajar sekolah menengah Somersworth.

         Pelantikan ini merupakan periode kedua bagi Walikota Hilliard yang sebelumnya sukses memimpin Kota Somersworth yang mengantarnya terpilih untuk kedua kalinya yang dikenal dengan pribadi yang supel, terbuka serta mendukung toleransi dan keragaman budaya di Kota Somersworth.

         Dalam sambutannya, Gubernur Margareth Hassan menyampaikan selamat atas terpilih kembalinya Hilliard sebagai Wali Kota Somersworth yang merupakan bukti suksesnya kepemimpinannya pada periode sebelumnya dan ucapan selamat kepada anggota Dewan Kota dan Dewan Pendidikan yang terpilih untuk periode 2016-2020.

         Gubernur menyampaikan terima kasih kepada anggota dewan yang telah menyelesaikan masa baktinya pada periode sebelumnya dan menyambut anggota Dewan Kota dan Dewan Pendidikan yang baru dan meminta mereka bekerj asama dengan walikota memajukan Kota Somersworth.

         Walikota Hilliard dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Somersworth atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin kembali Somersworth dan mengharapkan dukungan dan kerja sama semua pihak agar dapat menjalankan misi dan program untuk memajukan Somersworth menjadi kota yang lebih baik dalam berbagai bidang dan terbuka untuk semua.      
    Setelah acara, Walikota Somersworth Dana Hilliard meluangkan waktu kepada Konsul Pensosbud dan diaspora Indonesia yang hadir untuk berbincang dan berfoto bersama.

         Pada kesempatan tersebut Konsul memberikan cinderamata berupa kemeja batik sebagai ucapan selamat atas pelantikan seraya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Wali Kota atas perhatian dan dukungannya kepada masyarakat Indonesia di Kota Somersworth yang berjumlah sekitar 500 orang.

        Walikota Hilliard menyampaikan terima kasih atas cindera mata dan kerja sama yang diberikan komunitas Indonesia dan dukungan KJRI New York selama ini dan berjanji akan memakai batik yang diberikan pada acara perayaan masyarakat atas terpilihnya Walikota yang akan diselenggarakan bulan Februari 2016.

    ***2***
(T.H-ZG/B/Santoso/Santoso) 09-01-2016 05:08:06

Tidak ada komentar: