Kamis, 21 Juli 2016

YUNANI

LEBARAN 2016 - 200 WNI BERLEBARAN DI NEGERI PARA DEWA
     Oleh Zeynita Gibbons

          Jakarta, 6/7 (Antara) - Sekitar 200 warga Indonesia yang tinggal di Negeri Para 
Dewa merayakan Hari Raya dan  melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H bersama dengan keluarga besar KBRI Athena  di Wisma Duta di Athena, Yunani.

              Pelaksanaan sholat Ied di Athena satu hari lebih awal dari di Indonesia  sesuai dengan pengumuman Asosiasi Muslim di Yunani dan beberapa imam masjid di Yunani yang menetapkan 1 Syawal 1437 H jatuh pada Selasa (5/7), demikian Sekretaris Pertama KBRI Athena John Admiral kepada Antara di Jakarta, Rabu.
             Sholat Idul Fitri dimulai pukul 09.00 waktu setempat dan bertindak sebagai khatib dan imam ustadz Ahmad Bani LC, M.Si dari Corps Dai Dompet Dhuafa yang dalam khutbah berpesan kepada jamaah agar memanfaatkan usia dan waktu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah agar menjadi muslim yang baik dan mendapatkan ridha Allah SWT.
              Khatib juga mengingatkan kepada para jamaah yang sebagian besar wanita pekerja untuk senantiasa mengingat dan mendoakan keluarganya di Indonesia.  Sebagian jamaah meneteskan air mata tersentuh oleh khutbah dan doa yang disampaikan khatib. Usai sholat Ied, jamaah saling bersalaman mengucapkan selamat Idul Fitri.
            Dari pukul 10.00 sampai 13.00, masyarakat Indonesia memenuhi undangan "open house " tau halal bi halal bersama Dubes Benny Bahanadewa, beserta istri yang dihadiri  "Friends of Indonesia" dan masyarakat sekitar Wisma Duta. Dubes Benny Bahanadewa  mempersilahkan  jamaah  menikmati menu aneka khas lebaran Indonesia yaitu ketupat, opor ayam, nasi uduk, lontong cap gomeh, asinan dan aneka minuman segar dingin.
            Sebagian besar WNI di Yunani adalah pekerja dan 1 Syawal jatuh pada hari kerja, maka untuk memenuhi permintaan WNI, KBRI Athena mengeluarkan surat izin untuk tempat kerja mereka. Oleh karena terbatasnya waktu sebagian besar WNI karena harus segera kembali ke tempat kerja, KBRI Athena memberikan fasilitas antar jemput WNI dari stasiun kereta terdekat ke Wisma Duta.

             Shalat Ied dan halal bi halal menjadi acara pamungkas dari rangkain kegiatan Ramadhan KBRI Athena. Selama Ramadhan,  diadakan  ceramah Ramadhan  bersama ustadz Ahmad Bani, buka puasa bersama dan sholat tarawih yang diikuti WNI di Athena dan sekitarnya.***4***
(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 06-07-2016 18:51:45

Tidak ada komentar: