Sabtu, 10 Desember 2016

FERRARI


Mantap, Tim Bumi Siliwangi Adu Cepat di Sirkuit Ferrari


MARANELLO, NETRALNEWS.COM – Mantap. Mahasiswa Indonesia dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi wakil dari Indonesia untuk adu cepat dalam ajang balap mobil dengan bahan paling cepat dan paling hemat energi di Sirkuit Maranello, Bologna Italia.
Tim yang bernama Bumi Siliwangi itu UPI bersama tim dari Prancis, Swiss, Jerman menjajal sirkuit milik tim Ferrari tersebut pada Rabu (8/12/2016) siang waktu setempat.
Tim Bumi Siliwangi di markas Ferrari didampingi dua dosen pembimbing Sriyono Widoatmodjo dan Ridwan Adam merupakan hadiah dari hasil kemenangan mereka menjadi juara pertama di ajang kompetisi mobil paling cepat dan paling hemat energi Shell Eco-marathon Drivers "World Championship (SEM DWC)" di London, Juli lalu.
"Kami siap menjajal sirkuit milik Ferrari dan perlu sedikit pelumnas bagian-bagian tertentu, secara keseluruhan unit siap dan tim juga siap setelah mendapat pelatihan selama dua hari di kampus merah milik Ferrari," ujar Sriyono Widoatmodjo seperti dikutip dari Antara.
Sebelum menjajal sirkuit Ferrari, Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung memboyong mobil balap yang dirancang sendiri oleh mahasiswa yang dinamakan Turangga Cheta Ev4 yang berarti kuda putih dengan bahan bakar mengunakan baterai elektrik yang akan dikemudikan Ramdhani Sejak Senin lalu, delapan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia bersama dua pembimbing berada di markas Ferrari di kota Maranello, Italia untuk menimba ilmu di kampus merah.
"Kunjungan dan juga hadiah yang sangat menarik untuk saya pribadi dan juga teman-teman dari Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk bisa belajar lebih mendalam tentang teknik dan juga nonteknik," ujar Ketua tim manager Bumi Siliwangi, Amin Sobirin kepada Antara London yang khusus diundang Shell meliput acara mereka di Maranello, Italia.
Kedelapan anggota tim Bumi Siliwangi UPI belajar mengenai seluk- beluk pembuatan mobil balap Ferrari di Red Campus yang didedikasikan khusus untuk kegiatan workshop teknik, pemasaran dan pengembangan tim di Museo Ferrari (Museum Ferrari) dan mereka juga berkesempatan menguji-coba mobil baterai elektrik terbarunya di sirkuit milik Ferrari, Fiorano Circuit.
Dalam kesempatan itu, tim berkesempatan menguji mobil baterai elektrik terbaru mereka di yang diberi nama Turangga Cheta Ev4 merupakan mobil generasi baru buatan Tim Bumi Siliwangi yang memiliki desain rangka dan bodi baru yang berbeda dengan mobil generasi sebelumnya Turangga Cheta Ev3.
Mobil baru ini memiliki bobot lebih ringan yaitu hanya 80 kilogram (kg) dibandingkan Turangga Cheta Ev3 yang bobotnya mencapai 100 Kg. Bodi mobil generasi baru ini lebih ringan terbuat dari material Full composite.
"Dengan bodi yang lebih ringan kami harapkan mobil mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil generasi sebelumnya yang mencapai jarak 78 km/kWh," ujar Amin.
Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4 juga telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, yang diadakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta pada awal November lalu.

Tidak ada komentar: