Kamis, 22 Desember 2016

M EKSIKO

KULINER-KERAJINAN INDONESIA DIPROMOSIKAN PADA BAZAR ASEAN
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 15/12 (Antara) - Beragam kuliner dan aneka produk kerajinan khas Indonesia turut ditawarkan pada Bazar ASEAN 2016 yang diselenggarakan ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) di Parque Lincoln, taman kota di kawasan elite Polanco, Mexico City, Meksiko.
         Aneka makanan dan produk khas tersebut ditawarkan bersama dari negara-negara ASEAN lainnya, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, demikian Pensosbud KBRI Meksiko City, Febby Fahrani kepada Antara London, Kamis.
         Bazar itu tidak hanya dihadiri masyarakat umum, namun juga kalangan Meksiko antara lain pejabat pemerintah, korps diplomatik, dan media massa, kata Febby Fahrani.
         Dikatakan Bazar merupakan inisiatif dari kelima Dubes negara ASEAN yang tergabung dalam ACMC guna meningkatkan hubungan erat di antara komunitas masyarakat dan diáspora dari negara ASEAN yang bermukim di Ibu Kota Meksiko dan sekitarnya.
         Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, mengatakan bazar ditujukan untuk meningkatkan pemahaman (awareness) masyarakat di Meksiko mengenai ASEAN sebagai satu komunitas.
         Hal yang sama juga disampaikan Dubes Vietnam, Le Linh Lan, selaku Ketua ACMC periode II 2016 yang menyebutkan kegiatan bazar selain memperkenalkan kekayaan budaya, gastronomi dan kerajinan tangan khas dari negara ASEAN, juga untuk mengumpulkan dana bagi kegiatan ACMC.
         Sebagian hasil penjualan tiket berhadiah diperuntukkan kegiatan sosial kemasyarakatan tidak hanya membantu sesama manusia, namun juga akan lebih mendekatkan Meksiko dengan negara-negara Asia Tenggara, demikian Dubes Le Linh Lan.
         Bazar ASEAN 2016 secara simbolis dibuka Koordinator Utama Hubungan Internasional Pemerintah Kota Mexico City, Cuauhtemoc Cardenas Solorzano, dan Ketua Delegasi Miguel Hidalgo, Bertha Xóchitl Gálvez Ruiz, yang menyampaikan apresiasi upaya negara anggota ASEAN memperkenalkan ASEAN kepada Meksiko yang dapat mendekatan hubungan antara Meksiko dan ASEAN.
         Kehadiran komunitas masyarakat dari negara-negara ASEAN di kota Mexico City akan dapat menambahkan keragaman multibudaya kota megapolitan dengan penduduk hampir 10 juta jiwa tersebut.
         Hadiah utama undian berhadiah Bazar ASEAN 2016 spektakular, berupa tiket pp Meksiko-Jepang-Meksiko, yang disponsori perusahaan penerbangan nasional Meksiko, AeroMexico yang dimenangkan Sdri. Ana Maria Fernandez del Castillo Wiechers yang  mendapat kesempatan meneruskan perjalanan mengunjungi salah satu negara ASEAN, yaitu Indonesia, dengan tambahan tiket Jepang-Indonesia-Jepang dari Garuda Indonesia.
         Menurut Dubes Yusra Khan, KBRI Mexico City bekerja sama dengan Garuda Indonesia dan AeroMexico memberikan hadiah tiket ke Indonesia dalam rangka mempromosikan kerja sama code sharing dua perusahaan penerbangan nasional di bawah bendera Sky Team. Kerja sama Garuda Indonesia dan AeroMexico diharapkan menjembatani kedua negara dalam memperpendek rute penerbangan langsung Indonesia - Meksiko.
         Selain tiket pesawat, selama bazar dibagikan hadiah beragam suvenir khas dari kelima anggota ACMC yang disambut meriah sekitar 2000 pengunjung yang menjejali Taman Lincoln dan menyambut meriah penampilan beragam tarian tradisi dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 15-12-2016 06:00:29

Tidak ada komentar: