Kamis, 22 Desember 2016

ITALIA

DUBES AUGUST TERIMA PENGHARGAAN DARI ITALIA
     Oleh Zeynita Gibbons
   London, 22/12 (Antara) - Dubes RI untuk Italia August Parengkuan menerima Penghargaan Premio Internazionale "Fontane di Roma" Edisi ke-34 dari Accademia Internazionale La Sponda di Roma.
        "Presiden La Sponda, Benito Corradini menyampaikan bahwa Dubes August Parengkuan dinilai mempunyai komitmen tinggi untuk mengembangkan hubungan bilateral RI-Italia terutama melalui pertukaran di bidang seni dan budaya," kata Counsellor Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Roma Charles F Hutapea kepada Antara London, Kamis.
        Penghargaan itu diseahkan dalam acara yang berlangsung di Teatro de Servi di pusat kota tua Roma yang dihadiri sejumlah seniman Italia.
        Dubes Parengkuan dipandang sebagai figur yang profesional dalam menjalankan peran pentingnya untuk memajukan hubungan bilateral Italia-Indonesia dalam bidang politik maupun ekonomi.
        Menurut La Sponda, kini semakin terlihat adanya perkembangan dan pertukaran hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Italia baik di bidang budaya, pariwisata, ekonomi dan perdagangan maupun kerja sama multilateral.
        Sementara itu Dubes Parengkuan menyampaikan apresiasinya kepada Accademia La Sponda, dan menyambut baik peran La Sponda dalam mendorong pertukaran seni dan budaya antar-bangsa.
        Dubes Parengkuan menekankan bahwa pendekatan seni dan budaya dalam hubungan antar-negara memiliki kelebihan tersendiri karena sangat luwes dalam membangun saling pengertian.
        Penghargaan Fontane di Roma edisi ke-34 diberikan oleh Akademi La Sponda dengan dukungan kalangan media, institusi dan asosiasi budaya di Roma yang diberikan kepada aktivis dan tokoh yang berkomitmen tinggi dan profesional di bidang budaya, pertunjukan, seni, perburuhan dan olahraga.
        Fontane di Roma, yang berarti air mancur Roma merupakan simbol kehidupan, seni dan keanggunan serta tempat berkumpulnya orang untuk bertukar pikiran, bersosialisasi dan menikmati kehidupan, sehingga Fontane juga merepresentasikan Romanità, gaya hidup orang Roma.
        Selama bertugas di KBRI Roma, Dubes Parengkuan dikenal aktif mempromosikan seni dan budaya Indonesia di berbagai daerah di Italia, serta mendorong terciptanya saling pengertian antar-masyarakat dari kedua negara.
        Promosi Indonesia dilakukan melalui berbagai kegiatan pagelaran seni dan budaya, peragaan busana, hingga seminar pariwisata.
        Accademia Internazionale La Sponda berkantor di Piazza del Popolo Roma (salah satu ikon budaya kota Roma) awalnya bernama Centro Internazionale la Sponda, lahir pada tahun 1982.
        Akademi ini menjadi tempat bertemunya para seniman Italia, Eropa dan bagian dunia lainnya. Akademi La Sponda mempromosikan seni dan aktif di pameran baik di Italia maupun luar negeri serta mengadakan seminar tentang pariwisata, seni, lingkungan hidup dan solidaritas. Lembaga ini juga menerbitkan majalah La Sponda serta berbagai buku dan katalog seni.(ZG)***4***
T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 22-12-2016 05:44:27
end

Tidak ada komentar: