Senin, 13 November 2017

LONDON

INDONESIA TARGETKAN KUNJUNGAN 15 JUTA WISATAWAN MANCANEGARA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 28/10 (Antara) - Indonesia berkomitmen untuk mencapai target menjadikan pariwisata sebagai sektor utama perekonomian dan di tahun 2017 menetapkan target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara  yang diharapkan akan mampu menyumbangkan devisa sebesar 14,9 miliar dolar AS.     
   Hal itu diungkapkan Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya kepada Antara London, Sabtu, sehubungan digelarnya "sales mission" sebagai bagian dari pre-event WTM London 2017 pada salah satu pameran pariwisata terbesar di dunia yang digelar di London.
        Bekerjasama dengan BPPD Badung, "sales mission" Inggris diadakan  31 Oktober  dan 2 November  di London, Bristol, dan Manchester secara berurutan. Kegiatan ini akan mempertemukan 11 industri pariwisata dari Indonesia dan airlines (Garuda Indonesia dan Singapore Airlines) dengan kurang lebih 40 industri lokal yang sebagian besar terdiri dari operator perjalanan.
        Nia Niscaya mengatakan Kementerian Pariwisata optimistis target 15 wisatawan dapat dicapai melihat pencapaian kunjungan wisman hingga Agustus sudah mencatat 9,2 juta wisman.
        Dikatakannya untuk mencapai target tersebut, Indonesia melancarkan strategi dan berpartisipasi pada berbagai kegiatan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Satu hal yang berbeda pada tahun ini adalah fokus strategi yang diusung Kementerian Pariwisata (Kemenpar). 
   Setelah selama dua tahun terakhir Kemenpar fokus membangun branding Wonderful Indonesia dan berhasil meningkatkan ranking Indonesia dari 140 ke 47 (TTCI) pada 2017 Indonesia mengalihkan strateginya untuk lebih banyak berfokus pada kegiatan hard selling dan kerja sama dengan airlines dan wholesalers.
        Sebagai bagian dari strategi tersebut, dalam partisipasi di WTM London tahun ini Kemenpar mengadakan kegiatan "sales mission" sebagai bagian dari pre-event WTM London 2017 pada salah satu pameran pariwisata terbesar di dunia, Indonesia memaksimalkan momentum untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di Inggris.
        Inggris adalah kontributor terbesar kunjungan wisman Eropa ke Indonesia.
        Pada tahun 2016, Inggris menyumbang 328.882 wisman ke Indonesia, meningkat 21,9% dari tahun 2015 sebanyak 269.798 wisman. Pada tahun 2017, jumlah wisman asal Inggris ditargetkan akan mencapai 384.000 wisman.

        Hingga Agustus 2017 tercatat sudah 245.081 wisman Inggris yang berkunjung ke Indonesia, hal ini menunjukkan 63,82% dari target kunjungan wisman Inggris telah tercapai. Angka ini diprediksi akan terus meningkat mengingat peak season untuk waktu berlibur wisman Inggris adalah menjelang akhir tahun. ***1***
(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 28-10-2017 05:20:39

Tidak ada komentar: