Senin, 13 November 2017

SOFIA

DUBES ASTARI RESMIKAN KONSUL KEHORMATAN DI ALBANIA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 10/11 (Antara) -  Dubes RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia, Sri Astari Rasjid mengangkat dan meresmikan Irma Kaplani sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Albania yang berkedudukan di Tirana.
        Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Jumat menyebutkan, hubungan diplomatik Indonesia-Albania dibuka sejak tahun 1994.
        Pembukaan Kantor Konsul Kehormatan RI di ibu kota Albania tersebut dihadiri oleh kalangan pejabat Pemerintah Albania, korps diplomatik, kalangan pengusaha dan media di Tirana.
        Kantor Konsul Kehormatan RI di Albania beralamat di Rr Brigada e Tetë, Pallati Teknoprojekt, Shk 3 , Kati 8, Ap 7, Tirana, telepon 355 4 2250048.
        Sri Astari Rasjid menyampaikan bahwa penunjukan Irma Kaplani sebagai Konsul Kehormatan RI merupakan tonggak penting dalam peningkatan hubungan Bilateral RI-Albania. Diharapkan hal ini akan semakin mendorong peningkatan hubungan Indonesia-Albania di masa mendatang khususnya di bidang ekonomi dan sosial budaya.
        Pembukaan kantor konsul kehormatan ini juga merupakan bentuk perhatian perlindungan WNI dan dukungan untuk diaspora Indonesia di Albania.
        Albania adalah negara yang terletak wilayah Eropa Tenggara dengan jumlah penduduk sebesar 2,7 juta dan sekitar 70 persen penduduknya beragama Islam.
        Total perdagangan kedua negara mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 88,81 persen,  yaitu dari 5,66 juta dolar AS (tahun 2015) menjadi 10,69 juta dolar AS pada tahun 2016.
        Produk ekspor utama Indonesia adalah kertas, minyak hewani dan nabati, hasil laut dan karet.  ***2***


(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 10-11-2017 23:06:02


Tidak ada komentar: