Kamis, 26 April 2018

LITHUANIA

Zeynita Gibbons

     London,25/4 (Antara) - Wakil Ketua Parlemen Lithuania (SEIMAS), Irena Siauliene, mengharapkan hubungan kerja sama Indonesia-Lithuania selama 25 tahun  yang terjalin dengan baik dapat terus  ditingkatkan dan Lithuania memandang Indonesia sebagai mitra kerja sama penting.
         Hal itu disampaikan Irena Siauliene menerima  kunjungan kerja delegasi Grup Kerja Sama Bilateral ( GKSB) DPR RI  Indonesia-Lithuania di Kota Vilnius, demikian Pensosbud KBRI Kopenhagen,Denmark Ismail N. Pulungan dalam keterangannya yang diterima Antara London, Rabu.
          Irena berharap agar tercapai langkah konkret dalam menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden Lithuania ke Indonesia tahun lalu, khususnya di bidang energi terbarukan, ekonomi dan teknik, perhubungan. Lithuania  mengharapkan agar dapat segera diwujudkan perjanjian di bidang pertanian dan pariwisata. 
     Sementaa itu Ketua Delegasi GKSB DPR RI Indonesia-Lithuania, Budiman Sudjatmiko menyatakan kunjungan kerja ini bertujuan untuk membina, mengembangkan dan menguatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Lithuania melalui parlemen sebagai diplomasi jalur kedua atau Second - Track Diplomacy.
      Hal ini mengingat pendekatan/ lobi yang dilakukan antarparlemen dapat menunjang pencapaian kepentingan nasional kedua negara, terutama untuk memperoleh saling dukung di forum internasional yang selama ini telah berjalan baik, ujarnya.
         Pertemuan  diwarnai dengan diskusi interaktif di bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan pendidikan yang menjadi kepentingan bersama.  Mengingat Lithuania juga anggota Uni Eropa, khusus di sektor perdagangan, maka politisi PDIP dari Komisi VIII ini juga menyuarakan harapan Indonesia  agar komoditas minyak sawit mendapatkan perlakuan yang adil dan setara dengan komoditas  yang masuk ke pasar Uni Eropa.
         Dalam kunjungan kerja yang didampingi Dubes RI untuk Denmark dan Lithuania, Muhammad Ibnu Said, Delegasi GKSB DPR terdiri atas Joko Purwanto (F-PPP) dari Komisi VII, Subarna (F-Gerindra) Komisi V, dan Acep Adang Ruhiat ( F-PPP) Komisi II. melakukan pertemuan dengan Wakil Menlu Lithuania, Ketua Komisi Ekonomi Parlemen Lithuania dan dijadwalkan bertemu Menteri Energi dan Wamen Ekonomi Lithuania.

          Pada kesempatan ini, Ketua Delegasi GKSB menyampaikan undangan kepada Parlemen Lithuania untuk menghadiri World Parliamentary Forum on Sustainable Development  pada bulan September mendatang di Bali. Sedangkan pihak Lithuania mengharapkan kehadiran Indonesia pada Women Political Leaders Summit, 7-8 Juni mendatang di Vilnius. ***2****
c/a011
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 25-04-2018 05:38:22

Tidak ada komentar: