Senin, 30 April 2018

SLOWAKIA

KOMISI I DPR RI KUNJUNGAN KE SLOWAKIA
Oleh Zeynita Gibbons
    London, 27/4 (Antara) - Delegasi Komisi I DPR RI  mengadakan kunjungan kerja  ke Kementerian Luar Negeri dan Parlemen Slowakia untuk meningkatkan kerja sama kedua negara dan mendapatkan dukungan.
         Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani kepada Antara London, Jumat menyebutkan delegasi Komisi I DPR RI diterima  Mr. Luká Parízek selaku State Secretary Kemlu Slowakia
    Parizek mengapresiasi hubungan kedua negara yang terjalin dengan sangat baik yang tercermin dari tingginya intensitas interaksi Parlemen dan Kementerian Luar Negeri kedua negara.
     Kedua pihak juga membahas isu kelapa sawit, permintaan dukungan agar Indonesia dapat dibebaskan visa Schengen, kerja sama di bidang energi terbarukan serta kerja sama di bidang militer khususnya produksi alutsista.     
    Parizek mengapresiasi upaya KBRI Bratislava yang mengirim Pavol Demes, mantan Menlu Slowakia berkunjung ke Indonesia memberikan pemahaman mengenai kehidupan pluralistik di Indonesia.
          Sementara pertemuan dengan Parlemen Slowakia, delegasi bertemu dengan Wakil Ketua Parlemen Slowakia, A Béla Bugár dan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Katarína Cséfalvayová dan  anggota juga dibahas peningkatan kerja sama antar Parlemen, Slowakia minta dukungan  Indonesia untuk isu kelapa sawit dan bebas visa Schengen.
        Delegasi Komisi I DPR RI menyambut baik rencana kunjungan kerja Ketua Parlement Slowakia ke Indonesia yang dijadwalkan pada September mendatang.
         Terkait dengan isu kelapa sawit dalam dua pertemuan tersebut Delegasi Indonesia  menyampaikan bahwa Indonesia sudah menandatangani Paris Agreement dan dalam pengelolaan minyak sawit semakin memperhatikan aspek lingkungan hidup.
        Selain semakin mengarahkan upaya penggunaan energi fosil ke energi terbarukan.  
   Sementara, di bidang militer, pihak Slowakia berharap Indonesia dapat membeli produk-produknya. Delegasi Indonesia menyatakan untuk itu, diharapkan produsen alutsista Slowakia dapat ikut dalam Indo Defence pada bulan November mendatang sebagai upaya memperkenalkan dan memperluas mitra bisnis.   
    Delegasi Komisi I DPR RI diketuai Bambang Wuryanto dari PDIP dengan anggota terdiri dari   Satya Widya Yudha, PG- Wakil Ketua,   Rudianto Tjen (PDIP-Anggota), Djendri Alting Keintjem, (PDIP-Anggota), Venny Devianti, (PG-Anggota), Elnino M. Husein Mohi, ST, M.SI (GERINDRA-Anggota), Sjarifuddin Hasan, (PD-Anggota), KRMT. Roy Suryo Notodiprojo (PD-Anggota), Hidayat Nur Wahid, (PKS-Anggota), HJ. Kartika Yudhisti, MSc (PPP-Anggota),  Bachtiar Aly,  (Nasdem-Anggota) dan  Yakhobus Jacki Uly, (Nasdem-Anggota). (ZG)***2****


(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 27-04-2018 23:58:54

Tidak ada komentar: